Banjarmasin, Humas_info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan turut berpartisipasi dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi Indeks Layanan Kesekretariatan (ILK) yang dilaksanakan secara virtual pada Senin, (09/09). Kegiatan tersebut diikuti secara virtual di Ruang Rapat Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan
Acara dibuka dengan arahan dari Kepala Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM, Y. Ambeg Paramarta, yang menjelaskan bahwa Indeks Layanan Kesekretariatan adalah instrumen penting dalam mengukur kualitas layanan kesekretariatan di lingkungan Kemenkumham.
"ILK merupakan salah satu bagian dari Rencana Strategis (Renstra) Kemenkumham yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Tujuannya adalah untuk mendukung percepatan pembangunan nasional dan memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan reformasi birokrasi serta tata kelola di lingkungan Kemenkumham," ujar Y. Ambeg Paramarta.
Menutup arahannya, Kepala BSK mengungkapkan bahwa ILK dirancang untuk memberikan gambaran holistik mengenai efektivitas dan inklusivitas layanan kesekretariatan di setiap unit kerja. Hal ini diharapkan dapat membantu unit kerja dalam mengevaluasi layanan kesekretariatan yang telah diberikan.
“Reformasi Birokrasi bukan hanya untuk merubah struktur formal internal birokrasi saja, melainkan bagaimana birokrasi dapat memberikan nilai tambah dan kemanfaatan bagi masyarakat.” tutup Kepala BSK.
ILK sendiri mencakup berbagai jenis layanan yang diterima oleh pegawai, seperti layanan Sumber Daya Manusia (SDM), layanan perencanaan keuangan, layanan Barang Milik Negara (BMN) dan umum, serta layanan hukum dan kehumasan.
Para penerima layanan ILK terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
- Pengampu tugas dan fungsi (Tusi);
- Individu pegawai;
- Gabungan pengampu Tusi dan individu pegawai.
Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman seluruh unit kerja di lingkungan Kemenkumham, termasuk Kanwil Kalsel, dalam mengoptimalkan layanan kesekretariatan yang lebih efektif dan inklusif. (Humas Kanwil Kalsel, teks dan foto : Mahdian ed : Eko)