Kemenkumham Kalsel Gelar Sosialisasi Indeks Reformasi Hukum, Wujudkan Kepastian Hukum

29 BSK 11

Banjarmasin, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Indeks Reformasi Hukum kepada Pemerintah Daerah se-Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilangsungkan di Balai Pertemuan Garuda Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kamis (28/3/24).

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman yang diwakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ramlan Harun, didampingi oleh Kepala Bidang HAM, Rosita Amperawati.

Dalam sambutannya, Ramlan Harun menyampaikan bahwa salah satu indikator sasaran reformasi birokrasi nasional adalah birokrasi yang bersih dan akuntabel. Salah satu cara untuk memperoleh gambaran pencapaian sasaran tersebut adalah dengan melakukan penilaian Indeks Reformasi Hukum.

“Kemenkumham RI, sebagai leading sector dalam hal ini, menggunakan instrumen indeks reformasi hukum untuk mengukur reformasi hukum dengan melakukan identifikasi dan pemetaan regulasi, reregulasi, dan deregulasi aturan serta penguatan sistem regulasi nasional,” pungkasnya.

Kegiatan ini menghadirkan Analis Hukum Madya, Risma Sari, dan Analis Kebijakan Ahli Madya, Endah Kartina dari Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM sebagai narasumber yang membagikan materi seputar penilaian indeks reformasi hukum kepada para peserta yang berpartisipasi.

Adapun para peserta dalam kegiatan sosialisasi ini terdiri dari perwakilan dari Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Bagian Hukum Pemerintah Kota/Kabupaten se-Kalimantan Selatan.

Para peserta menunjukkan antusiasme penuh dalam menggali ilmu dan wawasan terkait indeks reformasi hukum yang akan diimplementasikan di daerah masing-masing. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam memajukan reformasi hukum di Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Eldy Prasetya Setiawan, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, M. Yusup dan JFT/JFU Kanwil Kemenkumham Kalsel. (Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel, Teks dan Foto: Joel, Ed: Eko)

29 BSK 1129 BSK 1129 BSK 1129 BSK 1129 BSK 1129 BSK 1129 BSK 1129 BSK 1129 BSK 1129 BSK 11


Cetak   E-mail