Optimalisasi Kebersihan sebagai Penunjang Keamanan Bekerja

IMG 20181211 WA0020IMG 20181211 WA0020

Karang Intan – Pos menara merupakan salah satu bangunan pengamanan yang wajib diisi di Sebuah Lembaga Pemasyarakatan, begitupun pada Lapas Narkotika Karang Intan, terdapat 5 buah Pos menara yang berada di bagian sisi depan, samping dan belakang Lapas yang terus menerus diisi selama 24 jam perhari  sebagai tempat pantauan jalur luar dan dalam sekitar lapas.
 
Pos menara pada LP Narkotika Kelas IIA Karang Intan berada terpisah dari bangunan utama, yakni berada di luar lapas. Akses menuju pos menara yang harus dilalui petugas yakni dari sisi luar tembok dan melewati semak belukar yang sering kali terdapat binatang berhaya, yaitu ular dikarenakan keadaan sekitar Lapas masih asri dengan tumbuhan tumbuhan hutan nya. Oleh karena itu perlu tindakan secara rutin untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan tugas bagi pegawai yang bertugas di pos tersebut.
 
seperti hari ini nampak seorang warga binaan pekerja (tamping) melakukan pembersihan tanaman liar yang menghijau pada jalur menuju pos menara antara pos 4 dengan pos 5, Selasa (11/12/2018). Kegiatan pembersihan jalur rutin ini dikawal langsung oleh Bapak Kuderi,S.Sos Selaku Kepala Sub Seksi Keamanan pada LP Narkotika Kelas IIA Karang Intan, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
 
 
Kuderi mengatakan kegiatan pembersihan jalur ini bertujuan untuk membersihkan dan mengamankan jalur dari tumbuhan liar yang mulai rimbun, pada jalur yang dilewati oleh petugas setiap hari nya, ketika akan bertugas melaksanakan pengawasan jalur pos menara. “Agar petugas lebih nyaman saat menuju pos dan tidak ada kendala, apalagi pada jalur menuju pos menara kita ini sering ditemukan ular”, tutur nya.
 
Lebih lanjut, Kuderi juga menyampaikan kegiatan pembersihkan jalur ini sebagai wujud optimalisasi pengamanan pada prasana LP Narkotika Kelas IIA Karang Intan. “Pembersihan jalur ini rutin dilakukan, setidaknya seminggu satu kali sebagai optimalisasi prasarana pengamanan di LP Narkotika Kelas IIA Karang Intan” tutupnya.

Cetak   E-mail