Antusias, Kadivpas Hadiri Latihan Perdana Vokal Group Kanwil Kalsel dari LPP dan LPKA

Musik adalah inspirasi , musik adalah terapi, musik adalah semangat, musik adalah motivasi. Itulah beberapa makna tersurat dari kata musik. Mungkin itu yang menggerakan seorang Asep Syarifudin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan untuk membentuk sebuah Vokal Group khusus Kanwil Kemenkumham Kalsel. Pemikiran tersebut berawal dari kegiatan kanwil yang dirasa perlu didampingi dengan vokal group/paduan suara khusus untuk memberikan sentuhan makna mendalam ataupun hiburan dalam sebuah upacara atau kegiatan yang dilaksanakan. Berdasarkan inisiasi tersebut Yunengsih, selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura memberikan rekomendasi atas kesiapan srikandi LPP Martapura untuk berpartisipasi dalam vokal group yang telah direncanakan. Rekomendasi yang diberikan ternyata juga didukung oleh Pembina LPKA Kelas I Martapura, Abdul Lathif baik personil group maupun proses latihan.
Pada Rabu, 14 November 2018 diadakan proses latihan vokal group bersama di aula kunjungan LPKA Kelas I Martapura yang dihadiri langsung oleh Asep Syarifudin selaku inisiator kegiatan. “Vokal Group yang telah terbentuk ini nantinya akan kita hadirkan di kegiatan-kegitan kanwil. Saya harap proses latihan ini dapat diikuti dengan baik agar lagu wajib, lagu Nasional, lagu-lagu daerah sampai dengan lagu tembang kenangan yang dipelajari dalam beberapa kali pertemuan latihan dapat dikuasai oleh setiap anggota group ini". Jelasnya.
Proses latihan yang diikuti oleh 41 CPNS yang terdiri dari 20 CPNS LPP Martapura dan 21 CPNS dari LPKA tersebut dipimpin oleh Gusti Iskandarsyah, Selaku Kasi Pengawasan dan Penegakan Disiplin LPKA Kelas I Martapura.
Menariknya, latihan perdana yang juga disaksikan langsung oleh Yunengsih tersebut membawakan lagu bernuansa Sunda dengan judul pileuleuyan
"CPNS LPP Martapura yang kita berikan tugas tambahan untuk mengikuti proses latihan vokal group bersama ini. kita coba intensifkan proses latihan sebanyak 3x dalam seminggu. Kalau perlu nanti akan kita tambah lagi personilnya. Tentunya hal itu juga dibarengi dengan konsistensi anggota yang telah ditetapkan untuk memberikan persembahan terbaik untuk Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan" tambahnya.
Latihan perdana yang dilaksanakan selain mempelajari lagu Pileuleuyan diantaranya adalah pemilahan anggota group berdasarkan basic suara yang dimiliki baik bass, tenor, alto dan sopran. Latihan perdana vokal group yang dilaksanakan dari pukul 13.00 WITA tersebut berlangsung kurang lebih dua jam dengan anggota yang terlihat begitu antusias mengikuti seluruh perkara latihan.

WhatsApp Image 2018 11 14 at 14.31.51 2WhatsApp Image 2018 11 14 at 14.31.51 2WhatsApp Image 2018 11 14 at 14.31.51 2

 

Kontributor: Syahid Al Faqih


Cetak   E-mail