Tukang Cukur Warga Binaan Rutan Barabai Kebanjiran

Tukang Cukur Warga Binaan Rutan Barabai Kebanjiran

 Barabai, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Barabai memiliki Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang kreatif. Dari hasil pemantauan humas, Rabu (21/06) terlihat berbagai macam barang hasil kerajinan yang dipamerkan di ruang bimbingan kerja . Terpampang juga di ruang Kepala Rutan seperti Buaya rawaruba (rakitanwbprutanbarabai), Guci Naga dan dan kerajinan tangan warga binaan lainnya berbagai motif.

Karutan Barabai Hartomo mengatakan bahwa kerajinan tersebut merupakan program pembinaan kemandirian di Rutan. Dia berujar bahwa Rutan Barabai sudah memproduksi ratusan macam pot bunga berbagai ukuran baik kecil ataupun super jumbo  dan berbagai macam lainnya merupakan hasil transfer ilmu keterampilan antar WBP dan petugas. “Mereka saling belajar, karena diantaranya memiliki bakat, hobi atau hanya sekedar mengisi waktu luang,” pungkasnya.

Sementara itu diruang khusus cukur rambut yang juga disediakan oleh pihak rutan terlihat banyak yang pelanggan yang mengantri baik dari kalangan wrga binaan maupu oleh petugas.

Menurut Adun (nama panggilan sehari hari) tukang cukur WBP yang terjerat kasus Narkotika , dibulan suci Ramadhan ini setiap harinya tidak kurang dari 10 orang yang bercukur dan apalagi menjelang akhir puasa ini setiap hari selalu kebanjiran pelanggan baik teman sesama warga binaan maupu bapak bapak petugas rutan,  dan mengenai tarifnyapun berpariasi karena disini tidak mematuk harga seperti diluar ada yang mengasih Rp.5000 atau lebih dan bahkan ada yang gratis, jelasnya sambil tersenyum.

Kasubsi Pelayanan Tahanan H.Mahyu“Kami memberikan kesempatan napi untuk berkarya karena pada hakekatnya itulah tujuan mereka dibina disini,” ungkapnya.

Kontributor : Rusdi

antre potong rambut buaya rtn brb petugas juga antri pot bunga rtn brb belajar brb


Cetak   E-mail