Kanwil Kemenkumham Kalsel Terima Kunjungan dari DPRD Kab HSS, Bahas Kerja Sama Penyusunan NA dan Ranperda

WhatsApp Image 2022 12 08 at 15.38.58

 

Banjarmasin, Humas_Info - Bertempat di Ruang Balai Pertemuan Garuda, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan dalm hal ini diwakili oleh Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menerima kunjungan dari anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Kamis (08/12). Dimana kunjungan anggota DPRD Kab. HSS yang beranggotakan Wakil Ketua DPRD Kab HSS, Kartoyo, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Kab HSS, Rahmad Iriadi bertujuan untuk berkoordinasi dan berkonsultasi sekaligus ingin mengajukan kerja sama dalam bidang penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah.

Kunjungan disambut langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah yang menjelaskan Kanwil Kemenkumham Kalsel siap bermitra dengan DPRD Kab. HSS dengan Tim Perancang yang siap membantu dalam penyusunan naskah akademik dan Rancangan Peraturan Daerah inisiatif DPRD Kab HSS.

"Keterlibatan perancang peraturan perundang-undangan pada setiap tahapan pembentukan perundang-undangan, termasuk pembentukan peraturan daerah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang menegaskan peran keikutsertaan Perancang Peraturan Perundang-undangan dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaannya," ujarnya.

Perancang memberikan masukan dan pandangannya terkait usul materi rancangan peraturan daerah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi khusus daerah di Kab HSS seperti mengenai pemberdayaan usaha mikro kecil menengah, mengenai perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, serta mengenai ekonomi kreatif.

Ketua Bapemperda Kab HSS, Rahmad Iriadi juga menyampaikan beberapa Rancangan Peraturan Daerah akan segera dilakukan pengajuan pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi termasuk Rancangan Peraturan Daerah yang bisa dilaksanakan lewat pertemuan hari ini dalam upaya kerja sama yang akan menjadi tindak lanjut hasil konsultasi yang dilakukan. (Humas Kanwil Kalsel, foto : Pendi, teks : Kontibutor Yankumham/Nizar, ed : Eko)

WhatsApp Image 2022 12 08 at 15.38.58

WhatsApp Image 2022 12 08 at 15.38.58

WhatsApp Image 2022 12 08 at 15.38.58

WhatsApp Image 2022 12 08 at 15.38.58


Cetak   E-mail