Tingkatkan Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor, Kemenkumham Kalsel Hadiri Pengukuhan Bunda Forum Anak Daerah

forum anak 1

Banjarmasin, Humas_Info – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) selenggarakan pengukuhan/pelantikan Bunda Forum Anak Daerah dan Pengurus Forum Anak Daerah Provinsi Kalimantan Selatan serta pembukaan temu Forum Anak Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Jum’at (04/11) bertempat di Hotel 88 Lambung Mangkurat Banjarmasin. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor.

DPPPA berupaya untuk berikan Pemenuhan Hak Anak dengan dibentuknya wadah partisipasi anak yaitu Forum Anak Daerah berdasarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 1 Tahun 2022 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Forum Anak.

Hadir mewakili Kepala Kantor Wilayah, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat, Hendy Emil sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan. “Pemenuhan Hak Anak sangat penting untuk dilakukan, dengan dilantik/dikukuhkan pengurus Forum Anak Daerah dapat meningkatkan Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor, yang sejalan dengan salah satu misi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yaitu mewujudkan penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan Hak Asasi Manusia,” jelas Hendy.

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Sulkan menyampaikan bahwa dalam rangka memberikan perlindungan dan mengembangkan potensi anak berdasarkan masa tumbuhnya, maka semua pihak wajib mengambil peran sesuai tugas dan fungsinya.

“Forum Anak Daerah sebagai wadah partisipasi anak dalam menyalurkan aspirasi, suara, pandangan, keinginan, dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan, diharapkan mampu memfasilitasi anak-anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal, baik mental, fisik, intelegensia maupun sosial dalam rangka mengembangkan pribadi, kecerdasan dan bakatnya secara optimal dan terarah, Sehingga ke depannya anak-anak akan mampu menjadi pelopor dan pelapor serta bangga menjadi anak Indonesia,” ucap Sulkan. (Humas Kanwil Kalsel, Foto : Humas LPKA, Ed : Iwan/Eko)

 

forum anak 2

forum anak 2

forum anak 2

forum anak 2

forum anak 2

forum anak 2


Cetak   E-mail