Lewat Event MTQ XXIX Legal Expo Kalsel 2022, Kanwil Kemenkumham Kalsel Sentuh Masyarakat Langsung Melalui Booth Layanan Paspor, Layanan Hukum, dan Karya WBP

WhatsApp Image 2022 10 12 at 19.05.07 1

 

Martapura, Humas_info - Setelah sebelumnya ikut berpartisipasi dalam pagelaran Pawai Ta'aruf, Kanwil Kemenkumham Kalsel sentuh masyarakat langsung melalui pagelaran MTQ Legal Expo pada Rabu (12/10) bertempat di Taman Cahaya Bumi Selamat Martapura yang diawasi langsung oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah. Layanan yang diberikan lewat Stand Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan meliputi pelayanan paspor, pelayanan hukum melalui layanan Kekayaan Intelektual dan AHU serta pameran hasil kerajinan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan MTQ Legal Expo ini dibuka langsung oleh Ibu Menteri Agama Republik Indonesia, Eny Retno Yaqut yang menyampaikan apresiasinya lewat sambutan yang disampaikan karena antusiasme masyarkat terhadap pagelaran yang di laksanakan di Kota Martapura.

Selain itu pagelaran MTQ Legal Expo ini juga diikuti oleh lebih dari 190 peserta yang terdiri dari berbagai Instansi Pemerintah lewat hasil karya produk unggulannya hingga pelaku UMKM di Kalimantan Selatan serta tersedia juga booth layanan sertifikasi halal MUI.

Secara langsung Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi juga ikut mengawasi jalannya layanan Kanwil di MTQ Legal Expo untuk memastikan untuk melihat antusias dan layanan yang diberikan kepada masyarakat, serta secara terpisah dari lokasi Legal Expo, Kakanwil turut menghadiri kegiatan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXIX yang digelar di Kiram Park Kab. Banjar yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin dan Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas.

Terkait layanan yang tersedia pada stand Kanwil Kemenkumham Kalsel yakni Layanan Kemimigrasian Eazy Passport, dimana layanan ini merupakan pelayanan permohonan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling yang kali ini berada di stand MTQ Legal Expo dengan ketentuan pembuatan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku dan halaman penuh, namun tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak dengan proses penyelesaian paspor 4 (empat) hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran PNBP sesuai dengan jenis paspor yang dipilih, sedangkan untuk pelayanan terkait Kekayaan Intelektual agar masyarakat pelaku usaha atau pemegang HKI bisa memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang HKI, seperti UU Hak Cipta, Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang, Varitas Tanaman, Sirkuit terpadu dan Merek.

Sedangkan untuk layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) salah satunya konsultasi Pendaftaran Perseroan Perorangan yang akan membantu pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mendaftarkan usaha perorangan yang pendirinya cukup satu orang yang dalam prosesnya mulai dari registrasi sampai dengan hasil keluaran berupa sertifikat Perseroan Perorangan akan sangat memberikan manfaat yang signifikan untuk para pelaku usaha. Stand sendiri akan diselenggarankan selama lima hari terhidung mulai tanggal 12 s.d. 18 Oktober 2022 selama pagelaran MTQ Nasional Legal Expo berlangsung.

Dan terakhir ada Pameran hasil kerajinan Warga Binaan dari UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan mulai dari kerajinan tangan seperti berbagai macam kreasi hiasan berbahan kayu dan bambu, kain sasirangan hingga aneka macam cemilan dan makanan ringan. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks : Pendi, ed : Eko)

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.46 PM 3

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.45 PM

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.45 PM

 

WhatsApp Image 2022 10 12 at 18.42.52

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.45 PM

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.45 PM

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.45 PM

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.45 PM

WhatsApp Image 2022 10 12 at 4.00.45 PM


Cetak   E-mail