Tim Panwasda Kemenkumham Kalsel Laksanakan Monev Bantuan Hukum

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.53 PM

Tanah Laut, Bankum_Info – Bertempat di Rutan Kelas II B Pelaihari, Tim Panwasda Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menggelar monitoring dan evaluasi dalam rangka memastikan penyelenggaraan bantuan hukum gratis bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan agar berjalan sesuai yang diharapkan dan tepat sasaran. Selain itu juga memastikan bahwa organisasi atau lembaga bantuan hukum memberikan bantuan hukum dengan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat kurang mampu yang bermasalah dengan hukum baik Litigisi yaitu pidana, perdata, tata usaha negara maupun Non Litigasi pada hari Selasa (04/10).

Dalam pelaksanaannya, dipimpin oleh Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH, Nurhaina bersama tim Panwasda turun langsung ke lapangan tepatnya di Rutan Kelas IIB Pelaihari, Kab. Tanah Laut. Tim melaksanakan pemantauan pelaksanaan bantuan hukum serta melakukan evaluasi pelaksanaan Bantuan Hukum oleh PBH terakreditasi, melihat apakah pelaksanannya telah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Sehingga diharapkan program Bantuan Hukum bagi masyarakat miskin dapat berjalan sesuai dengan peruntukannya dan dapat membantu masyarakat miskin yang berhadapan dengan hukum.

Selanjutnya, Nurhaina menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan tim Panwasda kepada seluruh Penerima Bantuan Hukum.
"Kedatangan tim Panwasda ke Rutan Kelas II B Pelaihari ini adalah untuk melaksanakan evaluasi terkait pelaksanaan bantuan hukum, dan ada beberapa Warga Binaan yang mendapat bantuan hukum dari Kemenkumham," ucapnya.

Kedatangan tim Panwasda disambut langsung oleh Jajaran Pegawai Rutan Kelas IIB Pelaihari, dan mengapresiasi serta mempersilahkan tim Panwasda untuk melakukan survei dan wawancara langsung terhadap warga binaan.

Dengan terjun di lapangan tim mendapatkan data empiris terkait problem yang terjadi. Hal ini sangat penting agar pelaksanaan bantuan hukum di tahun mendatang bisa lebih baik lagi.

"Wawancara ini bertujuan untuk memastikan secara langsung bantuan hukum yang dilaksanakan oleh pemberi bantuan hukum, dengan bertanya secara langsung maka kita mengetahui proses pelaksanaan bantuan hukum berjalan dengan baik atau tidak," ujar Nurhaina.

Tim Panwasda juga memberikan memberikan arahan, nasihat, serta pemahaman kepada penerima bantuan hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Saat ini Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan terus melaksanakan peningkatan pelayanan di semua lini, untuk itu diharapkan seluruh pemberi bantuan hukum ataupun lembaga bantuan hukum sebagai partner untuk bersama-sama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait bantuan hukum. (Humas Kanwil Kalsel, teks: Tutus, foto: Togi, ed : Eko/Mahdian)

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

WhatsApp Image 2022 10 04 at 6.38.49 PM

 


Cetak   E-mail