Peringati Maulid Nabi Muhammad, Kemenkumham Bentuk WBP yang Berjiwa Santri melalui Pembinaan Keagamaan

3 MAULID 10

Hulu Sungai Utara, Humas_Info - "Membentuk Karakter Akhlak Mulia Warga Binaan Pemasyarakatan yang Berjiwa Santri dan Bermakna Bagi Sesama" adalah tema yang diusung dalam Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1444 H / 2022 M bersama Mu'alim KH. Husin Nafarin, Lc, M.A di Lapas Kelas IIB Amuntai pada hari senin (03/10).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, perwakilan Bupati HSU, perwakilan Kantor Kementrian Agama dan Kepala UPT Pemasyarakatan se-Banua Anam, pegawai Lapas Kelas IIB Amuntai. Hadir juga para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memakai pakaian putih-putih khas santri Ponpes At-Taubah Lapas Kelas IIB Amuntai sekaligus mengukuhkan pengurus Lembaga Pembinaan Keagamaan Pondok Pesantren Terpadu At-Taubah (LPK-PPTA).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi mengungkapkan bahwa salah satu pilar dalam pembinaan WBP adalah pembinaan mental termasuk pembinaan rohani. "Lapas Amuntai merupakan salah satu Lapas yang bisa dijadikan contoh dalam pembinaan Keagamaan WBP, keaktifan ini bisa kita lihat dalam pengukuhan pengurus Lembaga Pembinaan Keagamaan," ujar Lilik Sujandi.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan tausiah dari Mu'alim KH. Husin Nafarin, Lc, M.A. yang dalam Tausiahnya, Mu'alim KH. Husin Nafarin, Lc, M.A berharap dan mendoakan seluruh WBP ketika keluar dari Lapas ini tidak terlihat sebagai mantan Narapidana, tetapi di lihat oleh masyarakat seperti orang yang keluar dari pesantren dengan mengikuti tauladan dari Nabi Besar Muhammad SAW. Senada dengan KH. Husin Nafarin, Lilik Sujandi juga berperan kepada WBP dan seluruh pegawai Lapas, untuk selalu bersyukur. "Kita harus selalu bersyukur dengan keadaan, sebagai Pegawai harus selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita dapat saat ini. Untuk WBP terus bersyukur dengan keadaan sekarang, tembok Lapas ini tentu tidak menghalangi rezeki serta rahmat dari Allah SWT untuk kita semua," pesan Lilik Sujandi.

Dalam kesempatan ini juga Kepala Kantor Wilayah, memberikan penghargaan kepada Humas Lapas Kelas IIB Amuntai yang selama ini turut memberikan kontribusi dalam pemberitaan yang positif yang tentu bisa memberikan citra yang baik kepada masyarakat terhadap Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks: Mahdian, ed: Eko)

3 MAULID 103 MAULID 103 MAULID 103 MAULID 103 MAULID 103 MAULID 103 MAULID 103 MAULID 103 MAULID 10


Cetak   E-mail