Dukung "Kalsel Bergerak", Kemenkumham Kalsel Tingkatkan Sekolah Sadar Hukum

 IMG 20220824 WA0009

 

 

 

 

 

 

 

 

Banjarmasin, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Pembinaan Peran Penyuluh Hukum dalam Menyukseskan "Kalsel Bergerak", sebuah 'tagline' dari program yang diusung Gubernur Kalsel, Sabirin Noor untuk membangun masyarakat Kalsel yang berkualitas dan berdaya saing. Bertempat di Balai Pertemuan BerAkhlak, kegiatan yang digelar pada hari Kamis, (24/8) ini dihadiri oleh para Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Kalsel. 

 

Penguatan dan pembinaan yang diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi ini bertujuan untuk mempersiapkan kerangka aksi penyuluhan kedepannya yang akan mengembangkan capaian-capaian yang telah dilaksanakan dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Kalimantan Selatan. 

 

Salah satu upaya Kanwil Kemenkumham Kalsel mendukung "Kalsel Bergerak" yakni dengan mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi melalui penyuluhan hukum agar para pelajar, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai menengah bahkan para mahasiswa di perguruan tinggi memiliki tingkat kesadaran hukum yang baik. Tentunya hal tersebut diharapkan secara tidak langsung mampu mengurangi tingkat tindak kriminalitas dan pelanggaran hukum di Kalimantan Selatan.

 

Lilik Sujandi yang melakukan 'brain storming' kepada jajaran Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum menekankan agar seluruh kegiatan dilakukan dengan mengedepankan nilai-nilai baik, benar dan bermanfaat. Salah satu yang menjadi atensi Kakanwil adalah pengembangan program rintisan sekolah sadar hukum. 

 

"Kemarin kita sudah memberikan penghargaan rintisan sekolah sadar hukum, hal ini tentu sudah sangat baik sekali dan harus kita kembangkan. Ada 2 hal sasaran, yakni mencari sekolah-sekolah baru yang akan menjadi rintisan sekolah sadar hukum dan meningkatkan status sekolah rintisan yang sudah ada untuk ke tahap selanjutnya," ucap Lilik. 

 

Lilik Sujandi menjadikan kegiatan ini sebagai kesempatan untuk sharing dan diskusi secara dua arah bersama para penyuluh hukum dan jajaran Subbid Luhbankum dan JDIH. 

 

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Plt. Kepala Bidang Hukum, Riswandi, Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan JDIH, Nurhaina serta para Pengelola Bantuan Hukum. (Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel, Teks dan Foto: Joel, Ed: Eko)

IMG 20220824 WA0005



 IMG 20220824 WA0004

IMG 20220824 WA0005


 IMG 20220824 WA0010


Cetak   E-mail