Gantikan yang Cuti, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Lantik Notaris Pengganti

001

Gantikan yang Cuti, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Lantik Notaris Pengganti

Banjarmasin, Humas_Info – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel), Lilik Sujandi melantik dan mengambil sumpah dua orang notaris pengganti di Balai Pertemuan Garuda Kanwil Kemenkumham Kalsel, Senin (22/8). Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap kedua orang tersebut merupakan konsekuensi atas diberikannya cuti kepada dua orang notaris yang digantikan atas dasar Keputusan Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN).

Notaris wilayah Kota Banjarmasin yang menjalani cuti adalah Nur Alia dan digantikan oleh Kerina Maulidya Putri selaku notaris pengganti yang ditunjuk dan Notaris wilayah Kabupaten Banjar, Irina Rahmadiyanti Lestari digantikan oleh Mulia Rida selaku notaris pengganti yang ditunjuk.

Kehadiran notaris pengganti dalam lembaga kenotariatan sangat membantu notaris-notaris di Indonesia dalam menjalankan kewenangannya sebagai pejabat pembuat akta. Tidak hanya notaris yang merasa dibantu, tetapi juga masyarakat, karena kegiatan yang berkaitan dengan akta atau hal lainnya tidak terganggu pada saat seorang notaris berhalangan untuk menjalankan tugas dan kewenangannya.

Berdasarkan Pasal 25 ayat (1) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, disebutkan bahwa notaris mempunyai hak cuti yang dapat diambil setelah notaris menjalankan jabatannya selama dua tahun. Hal tersebut diatur dalam Pasal 25 ayat (2). Atas dasar itu, selama menjalankan cutinya, notaris wajib menunjuk seorang notaris pengganti.

Turut menyaksikan pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah, Pejabat Administrator dan Pengawas Kanwil Kemenkumham Kalsel serta keluarga dan kerabat dari peserta pelantikan dan pengambilan sumpah. (Humas Kanwil kalsel – foto & teks: Ricky, ed: Eko)

002

002

002

002

002

002

002


Cetak   E-mail