Seperti Ibadah Haji, Umrah Juga Diharapkan Memiliki Rute Langsung dari Bandara Internasional Syamsudin Noor

30 RPT IM 8

Banjarbaru, Humas_Info - Bertempat di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Jum'at (29/7) jajaran Keimigrasian Kalsel mengikuti secara virtual Rapat persiapan status Bandara Internasional Syamsudin Noor sebagai bandara keberangkatan Umrah dan Rapat pembahasan kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan pada masa pandemi Covid-19. Pembahasan dilakukan sebagaimana yang diatur dalam Surat Edaran Plt. Dirjenim Nomor IMI-0650.GR.01 01 Tahun 2022 tanggal 26 Juli 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus dan Kakanim Kelas I TPI Banjarmasin, Sahat Pasaribu beserta jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel dan Kanim Banjarmasin.

Pada kegiatan ini Muhammad Tambrin selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan memimpin rapat yang membahas terkait persiapan status Bandara Internasional Syamsudin Noor sebagai bandara keberangkatan Umrah dan diikuti oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus yang secara langsung membahas terkait kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan pada masa pandemi Covid-19 bersama jajaran Keimigrasian Kalsel dan para stakeholders.

"Usai Bandara Syamsudin Noor telah menjadi Embarkasi dan Debarkasi Haji, kami sangat antusias untuk mempersiapkan untuk jadi keberangkatan Umrah guna memberikan kemudahan bagi jamaah di Kalimantan Selatan," terang Muhammad Tambrin, Kakanwil Kemenag Kalsel.

Selain kesiapan keberangkatan umrah, pembahasan oleh pihak maskapai penerbangan Lion Air dan Citilink juga sudah melakukan kolaborasi dan komunikasi dengan Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, berkaitan dengan Surat Edaran Plt. Dirjenim terkait kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan menjadi peluang guna memulihkan perekonomian di Kalsel.

 

"Kami dari pihak Imigrasi sudah siap untuk melaksanakan pemeriksaan keimigrasian, dengan merujuk Surat Edaran Plt. Dirjen Imigrasi dan hal-hal terkait tugas dan fungsi Imigrasi di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Udara Bandara Syamsudin Noor," ucap Junita Sitorus selaku Kadivim.

Terkait kesiapan Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, pihak Angkasa Pura I Cabang Banjarmasin, akan melengkapi fasilitas pendukung bagi Tim CIQP (Custom, Immigration, Quarantine & Port Master) dan dalam waktu dekat akan dilakukan cek lapangan di bandara terkait kebutuhan masing-masing stakeholder agar sesuai standar yang harus dilengkapi.

Kegiatan ini juga diikuti oleh  Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Banjarmasin, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan, Pimpinan PPIU Pusat dan Cabang Prov. Kalsel, Pimpinan Lion Air, Pimpinan Citilink, GM Angkasa Pura I Banjarmasin, GM Gapura Angkasa Banjarmasin, GM Garuda Cabang Banjarmasin. (Kontributor Divisi Keimigrasian, Ed: Joel/Eko)

30 RPT IM 830 RPT IM 830 RPT IM 830 RPT IM 830 RPT IM 830 RPT IM 830 RPT IM 8


Cetak   E-mail