Terima Layanan Paspor pada Program PMD, 26 Warga Angsana Bisa Segera Umroh dan Wisata ke Luar Negeri

WhatsApp Image 2022 07 23 at 18.12.55

Tanah Bumbu, Humas_Info - Ada yang istimewa dirasakan warga Desa Karang Indah Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, pasalnya warga mendapatkan layanan khusus terkait pembuatan paspor yang dilakukan oleh Tim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin (Kanim Batulicin) melalui Paspor Masuk Desa (PMD) pada Sabtu (23/07). Hal ini merupakan bentuk layanan prima yang diberikan kepada masyarakat terkait layanan paspor. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Tahun 2022 Kementerian Hukum dan HAM sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat langsung. Pendekatan layanan diberikan sehingga warga tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi namun cukup mendatangi tempat yang telah ditetapkan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Habib Umar, dimana memantau secara langsung oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, Kepala Kanim Kelas II TPI Batulicin, I Gusti Bagus M. Ibrahiem dan Kepala Desa Karang Indah, Sugianto dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kantor Camat Angsana, Hari Purwanto.

Dalam wawancara yang dilakukan, Kakanwil Lilik Sujandi menegaskan, "mengingat Kalsel termasuk dalam salah satu pemohon paspor terbesar untuk animo keberangkatan haji dan umroh, tentunya dengan keterbatasan Kantor Imigrasi yang hanya ada di dua daerah yakni Banjarmasin dan Batulicin tentu diperlukan layanan untuk menjangkau masyarakat terpencil khususnya di desa yang memerlukan layanan paspor sehingga petugas kitalah yang turun langsung melayani kelompok masyarakat," tuturnya.

Sementara itu sambutan yang disampaikan pada acara pembukaan, Kakanwil Lilik Sujandi diwakili oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus menjelaskan selain PMD ini nantinya masyarakat tetap bisa menerima layanan on the spot melalui layanan Eazy Passport. "Dalam rangka HDKD ke 77 Kementerian Hukum dan HAM, ada program khusus yakni Paspor Masuk Desa dimana layanan paspor langsung mendatangi masyarakat yang ingin membuat maupun pergantian paspor, namun tidak hanya saat ini saja karena Direktorat Jenderal Keimigrasian juga mempunyai program yang sama melalui Eazy Passport yang memiliki layananan yg sama namun bersifat terus menerus," ujarnya.

Anggota DPRD Tanah Bumbu, Habib Umar juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan PMD ini. "Kegiatan ini luar biasa bermanfaat bagi masyarakat terutama yang akan bepergian haji dan umroh karena dapat kemudahan layanan paspor tanpa perlu menempuh perjalanan jauh menuju Kantor Imigrasi," ucapnya.

Pelayanan dibuka pada pukul 11.00 WITA yang diikuti tidak hanya masyarakat yang ingin membuat paspor baru namun juga pergantian paspor, hanya dalam waktu singkat lokasi pelayanan yang diadakan di halaman salah satu warga ini ramai didatangi oleh masyarakat yang ingin mendapatkan layanan paspor yang langsung berada didesa Karang Indah, terbukti dengan jumlah layanan yang mencapai 26 pemohon paspor dalam sehari kegiatan yang menunjukkan animo masyarakat desa Karang Indah akan pelayanan paspor begitu besar. Dari total Pemohon, sebanyak 11 warga melakukan penggantian paspor dan pembuatan 15 Paspor baru digunakan rata-rata untuk umrah dan masyarakat sangat terbantu karena bisa dilakukan tanpa ke Kantor Imigrasi, dan seperti dijelaskan sebelumnya pelayanan seperti ini tidak hanya diadakan saat HDKD saja namun, masyarakat dapat memanfaatkan layanan Eazy Pasport dengan membuat surat yang ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi setempat dengan jumlah pemohon mininal 20 orang sehingga nantinya petugas imigrasi akan melakukan pelayanan ditempat. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks : Pendi, ed : Eko)

WhatsApp Image 2022 07 23 at 18.12.55

WhatsApp Image 2022 07 23 at 18.12.55

WhatsApp Image 2022 07 23 at 18.12.55


Cetak   E-mail