Manajemen Mitigasi Bencana, Lilik Sujandi Pinta Keselamatan WBP Menjadi Prioritas

WhatsApp Image 2022 06 16 at 20.11.20

Banjarmasin, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel) mengadakan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) melalui Divisi Pemasyarakatan. Bimtek yang digelar membahas Manajemen Mitigasi Bencana Pada UPT Pemasyarakatan dengan Tema “UPT Pemasyarakatan Kalimantan Selatan Tangguh Bencana” pada hari Kamis (16/06) di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Bimtek dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi sekaligus memberikan materi terkait mitigasi bencana sebagai keynote speaker. Kegiatan juga dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus, Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil, dan Kepala Bagian Umum, Akhmad Herriansyah, serta Seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan.

Bimtek diawali laporan Ketua Panitia Penyelenggara, M. Susanni yang mengatakan, ”Penanggulangan bencana merupakan salah satu wujud upaya melindungi WBP yang merupakan kewajiban bersama pemerintah dan masyarakat,” kata M. Susanni.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian materi dari Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi. ”Output tertinggi dan tujuan dari setiap kegiatan adalah keselamatan, dalam hal apapun faktor pertama yang diperhitungkan adalah keselamatan,” ungkap Lilik Sujandi.

Lilik Sujandi menegaskan bahwa mitigasi bencana akan berjalan jika pemimpin bisa mengambil keputusan dengan cepat, efisien dan efektif. ”Meskipun para peserta Bimtek ini sudah menguasai materi Bimtek, namun ketika terjadi bencana maka peran pimpinan lah yang menjadi penting sebagai pengambil keputusan. Karena itu para pimpinan harus menguasai terkait Manajemen Mitigasi Bencana ini,” kata Lilik Sujandi.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 2 hari, yaitu 16-17 Juni 2022 dilanjutkan dengan pemaparan materi dari BPBD Kota Banjarmasin terkait Mitigasi Bencana Alam Banjir dan dari Dinas Damkar terkait Mitigasi Kebakaran Gedung/Bangunan dan direncanakan akan diadakan simulasi mitigasi Kebakaran Gedung/Bangunan. (Humas Kemenkumham Kalsel, teks dan foto: Mahdian ed: Eko)

WhatsApp Image 2022 06 16 at 20.10.23

WhatsApp Image 2022 06 16 at 20.10.23 2

WhatsApp Image 2022 06 16 at 20.10.23 1


Cetak   E-mail