Kanwil Kalsel berikan Pelayanan Prima Keimigrasian untuk Calon Jamaah Haji Kloter Ke-2 Provinsi Kalimantan Selatan

WhatsApp Image 2022 06 15 at 06.09.48

Kanwil Kalsel Beri Pelayanan Prima Keimigrasian bagi Calon Jamaah Haji Kloter Ke-2 Provinsi Kalimantan Selatan

Banjarbaru, Humas_Info – Usai melaksanakan simulasi pemberangkatan haji dan pelepasan sejumlah 360 (tiga ratus enam puluh) orang calon jamaah haji yang tergabung dalam Embarkasi Banjarmasin, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan turut andil dalam memberikan pelayanan keimigrasian untuk calon jamaah Haji Kloter ke-dua Provinsi Kalimantan Selatan. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan bersama Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin memastikan pelayanan prima keimigrasian bagi jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin, sehingga hal ini dapat mendukung kelancaran pemenuhan semua dokumen untuk keberangkatan ke Tanah Suci.

Sebagai bentuk dukungannya, Kepala Kantor Wilayah, Lilik Sujandi mengatakan, “pelayanan prima merupakan hal yang utama dalam memberikan kepuasan bagi jamaah calon haji Kalimantan Selatan. Kanwil Kemenkumham Kalsel melalui jajaran keimigrasian senantiasa siap memberikan pelayanan terbaik sebagai bagian dari petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin”, ujarnya.

Pelayanan Keimigrasian yang dilaksanakan pada hari Selasa, (14/06) yang semula direncanakan pemberangkatan calon jamaah haji sejumlah 357 (tiga ratus lima puluh tujuh) orang yang tergabung dalam Embarkasi Haji Kloter ke-dua, menjadi 356 (tiga ratus lima puluh enam) orang calon Jamaah Haji yang diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.

Hal ini diakibatkan karena terdapat 1 (satu) orang calon jamaah yang batal berangkat yang dinyatakan tidak layak terbang atas dasar kesehatan. Selanjutnya kepada yang bersangkutan dilakukan peneraan cap cancelled (pembatalan) pada paspor dan boarding passnya. Sehingga hanya 356 orang jemaah calon haji yang diberangkatkan melalui Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada hari Selasa, 14 Juni 2022 menggunakan 10 unit bis menuju Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor untuk ditebangkan dengan pesawat Garuda Airlnes GA8102 pukul 06.30 wita.

Adapun Jamaah Haji Kloter 2 Embarkasi Banjarmasin ini terdiri dari 356 orang jamaah haji yang berasal dari Kab. HSS, Kab. HST Kab. Banjar dan Kab. Banjarbaru dan juga 1 orang Petugas Daerah (PHD), 2 orang petugas kloter, 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), 1 orang dokter kloter dan 1 orang paramedis.

Layanan keimigrasian yang menjadi bagian dari pelayanan jamaah haji ini berjalan sesuai prosedur dan tidak ada laporan atau keluhan dari jamaah atau pihak terkait.

Untuk diketahui, bahwa embarkasi Banjarmasin tahun ini menerbangkan tujuh kloter dengan jumlah jamaah sebanyak 2.482 orang terdiri atas lima kloter asal Kalsel dengan kuota haji 1.743 orang dan dua kloter dari Kalimantan Tengah dengan jumlah jamaah sebanyak 739 orang.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kalsel yang terdiri atas Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Hasrullah, Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian, Yugo Prakoso, JFT dan JFU Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel serta jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin. (Kontributor Divisi Keimigrasian, ed : Yusika, Eko)

WhatsApp Image 2022 06 15 at 06.06.45

WhatsApp Image 2022 06 15 at 06.06.45

WhatsApp Image 2022 06 15 at 06.06.45

WhatsApp Image 2022 06 15 at 06.06.45


Cetak   E-mail