Temui Kakanwil secara Langsung, Wakil Rektor UMB Jalin Kerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel

WhatsApp Image 2022 06 13 at 14.03.25 2

Banjarmasin, Humas_Info – Usai melaksanakan apel gabungan seluruh Divisi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi menerima kunjungan tamu dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) pada hari Senin, (13/06). Bertempat di Ruang Kerja Kepala Kantor Wilayah, jajaran tamu dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin diterima dengan hangat oleh Kepala Kantor Wilayah.

Dekan Fakultas Psikologi, Ceria Hermina, menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya bersama tim dilakukan dalam rangka membahas kerja sama antara Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan. Ceria menyebutkan bahwa ini adalah momen pertama kalinya UMB melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah yang sebelumnya bahkan sudah melakukan kunjungan ke LPKA guna kepentingan pemulihan dan pendampingan psikologi klinis bagi anak-anak yang sedang mengalami pembinaan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Lilik Sujandi menyampaikan bahwa jajaran psikolog baik dosen maupun mahasiswa magang dapat melakukan konseling, dan saling memonitor terkait dampak traumatik di LPKA. Kakanwil pun beranggapan bahwa dengan adanya para psikolog dapat memberikan pencerahan dan bimbingan karena ini mnyangkut aset masa depan anak. "Pemulihan terhadap rasa traumatik dapat ditanggulangi termasuk halnya dengan pendidikan”, ujarnya berpendapat.

“Hal yang paling utama adalah membangun recovery kepercayaan diri dari anak binaan. Anak harus diberi ruang untuk berprestasi. Yang perlu kita bangun tentunya risiko bagaimana untuk mengcover rasa traumatik pada anak sehingga mereka menjadi lebih terbuka dan mengadaptasi terhadap lingkungannya saat ini, buat lingkungan tersebut menjadi ramah anak,” tambahnya.

Selain menjalin kerja sama dengan pihak Kanwil Kemenkumham Kalsel, tujuan selanjutnya adalah untuk memperkenalkan kepada Kemenkumham bahwa saat ini Universitas Muhammadiyah Banjarmasin membuka program studi fakultas Psikologi. “Fakultas Psikologi ini tergolong baru, saat ini kami mengemban misi berfokus ke kesehatan mental,” tambah Ceria.

Kegiatan audiensi ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Lilik Sujandi, Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, Wakil Kepala Rektor II Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, M. Adriani Yulizar, Dekan fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Ceria Hermina, dan Ketua Program Studi Psikologi, Fikri. (Humas Kanwil Kalsel – teks, foto : Yusika, ed : Eko)

WhatsApp Image 2022 06 13 at 14.03.25 2

WhatsApp Image 2022 06 13 at 14.03.25 2

WhatsApp Image 2022 06 13 at 14.03.25 2

WhatsApp Image 2022 06 13 at 14.03.25 2

WhatsApp Image 2022 06 13 at 14.03.25 2


Cetak   E-mail