Kemenkumham Kalsel Lakukan Serah Terima Paspor Calon Jemaah Haji Kloter I dan II

WhatsApp Image 2022 06 12 at 11.43.06

Banjarbaru, Humas_Info – Kementerian Hukum dan HAm melalui jajaran imigrasi memberi dukungan maksimal penyelenggaraan haji tahun ini. Sebagai bagian dari dukungan tersebut, Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui jajaran Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, pada hari Minggu (12/06) bertempat di Asrama Haji Landasan Ulin, Banjarbaru telah melaksanakan serah terima Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (Paspor) calon jemaah haji embarkasi Banjarmasin Kloter I dan II tahun 1443 H/2022 M.

Serah terima dilakukan oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Hasrullah mewakili Kanwil Kemenkumham Kalsel kepada ketua group I, Kepala Seksi Lantaskim Kanim Kelas I TPI Banjarmasin dan ketua group II, Kepala Seksi Tikim Kanim Kelas I TPI Banjarmasin.

Hadir pula para pejabat terkait beserta pihak PPIH sebagai saksi dalam kegiatan penghitungan jumlah paspor yang dilakukan oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin (Kanim Banjarmasin) dengan rincian, 360 paspor untuk kloter I dengan 3 orang yang batal berangkat karena sakit, dan 356 paspor untuk kloter II. Yang kemudian dilakukan kegiatan serah terima paspor, oleh Hasrullah kepada masing-masing ketua group.

Paspor selanjutnya akan dilakukan proses Border Control Management (BCM), yakni proses scan/swap paspor di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Bandara untuk memastikan yang bersangkutan tidak terkena cekal, dan selanjutnya dapat diberikan stamp tanda bertolak/berangkat di TPI Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru. Setelah beberapa tahun terhenti karena larangan Haji dari pemerintah kegiatan ini kembali berlangsung seiring berkurangnya laju pertumbuhan Covid-19 di Banjarmasin yang membuka kembali peluang-peluang lalu lintas keimigrasian di lingkungan Wilayah Kalimantan Selatan. Sebagai informasi ini juga kali pertama keberangkatan langsung para jemaah haji Kallimantan Selatan dan Kalimantan Tengah tanpa harus melalui Jakarta atau tempat transit lainnya sebagimana tahun-tahun sebelumnya. (Foto: Kontributor Teks: Mahdian Ed : Eko)

WhatsApp Image 2022 06 12 at 11.42.39

WhatsApp Image 2022 06 12 at 11.43.05

WhatsApp Image 2022 06 12 at 11.42.39 1


Cetak   E-mail