Pastikan Urusan Keimigrasian Calon Jemaah Haji 1433 H Embarkasi Banjarmasin Sesuai Ketentuan, Kemenkumham Kalsel Ikuti Simulasi Bersama Stakeholder

WhatsApp Image 2022 06 10 at 07.15.44 1

Banjarbaru, Humas_Info – Menjelang periode Haji 1443 H tahun 2022 dalam rangka persiapan keberangkatan Embarkasi Calon Jamaah Haji Embarkasi Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Kantor Wilayah Kalimantan Selatan yang diwakili oleh jajaran Keimigrasian Kanwil Kalsel melakukan Rapat Koordinasi dan Simulasi Pelaksanaan Keberangkatan Calon Jemaah Haji pada hari Kamis, (09/06) bertempat di Asrama Haji Landasan Ulin Banjarbaru.

Menurut informasi yang diperoleh, terdapat 7 (tujuh) kloter Jemaah Haji yang akan diberangkatkan melalui embarkasi haji Banjarmasin yaitu melalui Bandara Syamsuddin Noor di Banjarbaru yang meliputi Jemaah haji dari provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Untuk jumlah Jemaah per kloter sekitar 365 (tiga ratus enam puluh lima) orang, yang rencananya kloter pertama akan diberangkatkan pada 12 Juni 2022.

Dalam pelaksanaan rapat simulasi keberangkatan calon Jemaah haji ini, diawali dengan melakukan simulasi tahapan keberangkatan calon Jemaah haji. Kantor Wilayah Kementerian Agama menyerahkan paspor beserta boarding pass kepada pihak Imigrasi dengan rentang waktu 2 (dua) hari sebelum keberangkatan. Kemudian pihak Imigrasi akan melakukan pemeriksaan keimigrasian dan pengecapan paspor dan boarding pass di Bandara Internasional Syamsuddin Noor. Setelah itu, Paspor yang telah selesai pemeriksaan Keimigrasian akan diserahkan kepada pejabat Kanwil Kementeriann Agama untuk dibagikan ke masing-masing calon jemaah haji di asrama haji. Kemudian pejabat/petugas Imigrasi melakukan pemeriksaan pada saat calon jemaah haji memasuki aula di asrama haji untuk persiapan keberangkatan.

Usai melakukan pemeriksaan pada calon jamaah haji, calon jemaah haji memasuki bis untuk menuju Bandara didampingi pejabat/petugas Imigrasi dengan kondisi bis yang masih disegel. Setelah bis tiba di Bandara, segel dibuka oleh pejabat/petugas Imigrasi yang sudah menunggu di Bandara dan selanjutnya calon jemaah haji memasuki pesawat dengan pengawasan pejabat/ petugas Imigrasi.

Dalam hal ini dijelaskan pula terkait proses simulasi pergerakan keberangkatan calon jemaah haji mulai proses masuk asrama, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan barang, pemeriksaan paspor, proses pelepasan pejabat daerah sampai dengan masuk ke bis yang disegel serta beranjak menuju Bandara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Hasrullah, Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian, I Dewa Made Artana, Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian, Indra Sakti Suhermansyah, Kepala Sub Bidang Intelijen Keimigrasian, Agustinus Aponno, Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian, Yugo Prakoso dan Analis Keimigrasian Muda, Hairil Fahmi. (Kontributor: Div Keimigrasian, ed : Yusika, Eko)

WhatsApp Image 2022 06 10 at 07.15.44 1

WhatsApp Image 2022 06 10 at 07.15.44 1

WhatsApp Image 2022 06 10 at 07.15.44 1

WhatsApp Image 2022 06 10 at 07.15.44 1

WhatsApp Image 2022 06 10 at 07.15.44 1 


Cetak   E-mail