Observasi Kebutuhan Dukungan Layanan Keimigrasian, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Kunjungi Asrama Haji Banjarbaru dan Bandara Syamsudin Noor

wew1

Banjarbaru, Humas_info - Dalam rangka melakukan observasi terhadap kebutuhan dukungan layanan keimigrasian dalam pelaksanaan layanan haji di Kalimantan Selatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi Kunjungi UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru. Koordinasi dilakukan terkait persiapan yang perlu dilakukan salah satunya memastikan alur pelayanan keimigrasian yang ikut berperan dalam memberikan layanan keberangkatan haji bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Dalam kunjungan yang dilakukan pada Selasa (31/05) rombongan Kakanwil disambut langsung oleh Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Haris Fadhillah.

Didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus dan Kepala Kanim Kelas I TPI Banjarmasin, Sahat Pasaribu dan Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Irpan Sapari Somantri, rombongan melaksanakan pertemuan diruang Kepala Asrama Haji. Di momen diskusi dilakukan pembahasan bersama terkait informasi kesiapan Kalimantan Selatan dalam melaksanakan manasik haji serta keadaan dilapangan terkait permasalahan yang terjadi.

Ka UPT Asrama Haji, Haris Fadhillah menyampaikan salah satu upaya dalam mempermudah pelayanan nantinya akan diadakan layanan terpadu yang di dalamnya terdapat komponen utama layanan yang terdiri dari imigrasi, panitia embarkasi, dan Siskohat. Selain itu dibahas juga agar birokrasi layanan lebih dimudahkan untuk mempersingkat waktu terutama percepatan cap paspor serta pembagiannya, manajemen alokasi tempat ruang tunggu dan penjemputan jamaah dalam upaya mengurangi kepadatan, semua agar keamanan barang-barang penting jamaah bisa terjaga.

Lilik Sujandi juga memnyampaikan penjelasan terkait koordinasi yang dilakukan. "Peninjauan UPT Asrama Haji Banjarmasin dan Manajemen Bandara Syamsudin Noor terkait dengan penyiapan tata laksana layanan salah satunya pemeriksan paspor jamaah haji sebelum dan sesudah perjalanan haji. Selain itu melalui peninjauan akan didapat informasi terkait dengan keterpaduan dengan layanan lainya seperti pemeriksaan kesehatan dan bea cukai yang memerlukan koordinasi, demikian pula dengan peninjauan akan didapati informasi proses pemberangkatan dan kepulangan untuk bahan pemetaan kebutuhan personil pengawas dan logistiknya," ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung sarana dan prasarana yang disediakan oleh UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin untuk para jemaah haji yang melakukan keberangkatan haji. Fasiltas yang nampak ditinjau yakni gedung yang digunakan dalam melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan barang-barang jamaah, asrama penginapan hingga Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Usai dari Asrama Haji, Rombongan bergerak menuju Bandara Internasional Syamsuddin Noor dan menuju Kantor Angkasa Pura I yang diterima langsung oleh General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Dony Subardono dengan koordinasi terkait teknis dan mekanisme keberangkatan Jemaah Haji yang disediakan pihak Bandara. Hal ini guna memastikan upaya Kanwil Kemenkumham Kalsel, Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin agar pelaksanaan keberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Tahun 2022 berjalan dengan lancar.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan Pelantikan PPIH Embarkasi Banjarmasin yang melibatkan Pejabat Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah sebagai bentuk keikutsertaan layanan imigrasi dalam pelaksanaan ibadah haji serta juga dilakukan koordinasi dan konsultasi ke Direktorat Jenderal Imigrasi terkait operasional di Bandara Internasional Syamsudin Noor yang merupakan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Udara di Kalimantan Selatan oleh Kepala Divisi Imigrasi, Junita Sitorus terkait terbitnya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 19 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 58 Tahun 2022 terkait penunjukan TPI Bandara Syamsudin Noor sebagai Bandara yang menjadi Pintu Masuk (Entry Point) wilayah Indonesia bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang memungkinkan perjalanan ibadah haji langsung ke Arab Saudi. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks : Pendi, ed : Eko)

wew1

wew1

wew1

wew1

wew1

wew1

wew1


Cetak   E-mail