Kunjungi Ditjenim, Kanwil Kemenkumham Kalsel Bahas Persiapan TPI Udara Sebagai Entry Point Perjalanan Luar Negeri

27 KADIVIM 4

Jakarta, Humas_Info - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui Divisi Keimigrasian lakukan koordinasi dan konsultasi ke Direktorat Jenderal Imigrasi terkait operasional di Bandara Internasional Syamsudin Noor yang merupakan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Udara di Kalimantan Selatan, Jum'at (27/5). Koordinasi yang dilakukan oleh Junita Sitorus selaku Kepala Divisi Keimigrasian ini sehubungan dengan terbitnya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 19 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 58 Tahun 2022 terkait penunjukan TPI Bandara Syamsudin Noor sebagai Bandara yang menjadi Pintu Masuk (Entry Point) Wilayah Indonesia bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Junita Sitorus selaku Kepala Divisi Keimigrasian yang mewakili Lilik Sujandi selaku Kakanwil Kemenkumham Kalsel menemui Plh. Direktur Lalu Lintas Keimigrasian (Dirlantaskim) Direktorat Jenderal Imigrasi, Joko Surono menyampaikan terkait penunjukan TPI Bandara Syamsudin Noor sebagai Bandara yang menjadi Pintu Masuk (Entry Point) Wilayah Indonesia bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan juga menyampaikan bahwa telah dilakukan pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan pada Jumat, (20/5) di Asrama Haji Banjarbaru.

"Kedatangan kami bertujuan untuk melakukan koordinasi dan meminta petunjuk serta arahan dari pusat terkait penunjukan TPI Bandara Syamsudin Noor sebagai Bandara yang menjadi Pintu Masuk (Entry Point) Wilayah Indonesia bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan terkait juga dengan pelaksanaan Embarkasi Haji di Banjarmasin karena sampai sekarang belum ada Satgas Haji dan Umroh tingkat Ditjenim," pungkasnya.

Hal ini disambut baik oleh Joko Surono selaku Plh. Dirlantaskim dan menyampaikan agar pelaksanaan Embarkasi Haji di Banjarmasin dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan serta terkait Satgas Haji dan Umroh tingkat Ditjenim saat ini pihak Ditjenim telah mempersiapkannya.

Kegiatan ini juga turut diikuti oleh JFT Analis Keimigrasian Ahli Muda, Reni Kusreni dan JFU Intelijen Keimigrasian, Noor Effendi. (Kontributor Divisi Keimigrasian: Reni Kusreni, Ed: Joel/Eko)

27 KADIVIM 427 KADIVIM 427 KADIVIM 4


Cetak   E-mail