Pantau Langsung, Kakanwil Kalsel Kunjungi Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kanim Banjarmasin

WhatsApp Image 2022 05 25 at 4.21.23 PM

Banjarmasin, Humas_Info – Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi mengunjungi Pelabuhan Trisakti dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin pada hari Rabu (25/05). Didampingi Irpan Sapari Somantri, selaku Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kalimantan Selatan, Kakanwil berkeliling di sekitar Pelabuhan Trisakti.

Dalam kunjungannya Lilik Sujandi menanyakan proses pemeriksaan keimigrasian Warga Negara Asing (WNA) yang berjalan di Pelabuhan Trisakti, terutama melalui jalur Laut dan harus dilakukan sebelum kapal bersandar di pelabuhan. Hal tersebut ditanggapi oleh Irpan terkait kegiatan dan proseeur di TPI. “Selama ini kami melaksanakan tugas keimigrasian dengan menggunakan speedboat dan berangkat sekitar pukul 08.00 WITA memakan waktu sekitar 2 hingga 4 jam untuk menuju ke tengah laut dimana kapal berada, kegiatan ini kami lakukan bersama beberapa instansi lain yang terkait, seperti Bea Cukai, KKP dan Kesyahbandaran,” jelas Irpan.

“Kami tidak memerlukan pos di Pelabuhan Trisakti, karena sudah ada Pos Imigrasi berdekatan dengan Pelabuhan. Selain itu, kegiatan pemeriksaan keimigrasian juga dilakukan diatas alat angkut sehingga kami berangkat ke lokasi pada pagi hari sesuai dengan laporan dari agen atau penanggung jawab dari alat angkut yang akan memasuki daerah Kalimantan Selatan,” tambah Irpan ketika ditanya Kakanwil kenapa tidak ada Pos di Pelabuhan Trisakti.

Lilik Sujandi mengingatkan agar pelayanan keimigrasian bagi Warga Negara Asing yang datang melalui laut dilakukan dengan seksama dan sesuai prosedur. "Salah satu jalur kedatangan WNA di Kalsel melalui jalur laut, dengan jumlah SDM yang terbatas agar pengawasan dan pemeriksaan dilakukan dengan seksama dan sesuai prosedur," tegas Lilik. (Kontributor: Kanim Banjarmasin, Ed: Mahdian/Eko)

WhatsApp Image 2022 05 25 at 4.21.19 PM

WhatsApp Image 2022 05 25 at 4.21.21 PM


Cetak   E-mail