Wujudkan Tertib Administrasi Kearsipan, Kanwil Kemenkumham Kalsel Lakukan Pemusnahan Arsip

pemusnahan arsip 1

Banjarmasin, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melaksanakan pemusnahan fisik arsip fasilitatif dan substantif, Selasa (24/05). Pemusnahan arsip terdiri dari Berkas Lamaran Calon Pegawai Negeri Sipil yang tidak diterima, Surat Usulan Hukuman Disiplin, Daftar Hadir / Absensi Pegawai, Surat Masuk Pemberian Remisi Narapidana / Anak, dan Daftar Tanda Pengiriman Surat dengan jumlah total 8.188 (delapan ribu seratus delapan puluh delapan) berkas dengan cara dibakar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka terwujudnya pengelolaan arsip yang andal dan pemanfaatan arsip sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Subkordinator Pengelolaan Arsip Inaktif Biro Umum, Emon A. Kohar dan sangat mengapresiasi atas dilakukannya pemusnahan arsip di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan. "Kami sangat apresiasi kepada pimpinam beserta jajaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel dalam pelaksanaan pemusnahan Arsip. Kanwil memiliki komitmen dalam hal penataam arsip, tentunya pemusnahan dilakukan supaya bentuk fisik maupun data informasinya tidak dapat dikenali lagi dengan cara dicacah, dibakar atau dilebur yang disaksikan Bidang Hukum, Pengawas dan unit kerasipan Sekretariat Jenderal. Jadi apabila arsip sudah habis masa retensinya untuk diusulkan dilakukan pemusnahan arsip,” ungkap Emon.

Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto menyampaikan, “Hari ini merupakan titik balik Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan dalam pengelolaan arsip dengan melakukan pemusnahan. Arsip adalah sesuatu yang harus kita jaga, secara rutin dan berkelanjutan untuk memusnahkan arsip sesuai dengan masa retensinya dan kita berkomitmen untuk menertibkan kearsipan pada Kantor Wilayah, UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Kegiatan kemudian diilanjutkan dengan pemusnahan arsip dengan cara dibakar bertempat di halaman Kantor Wilayah. Turut hadir dalam kegiatan Perwakilan Inspektorat Jenderal, Abdi; Perwakilan Biro Humas, Hukum dan Kerjasama, Zulfiqi; Arsiparis Biro Umum, Fitriah Agustiani dan Radesta; Kepala Bagian Umum, Akhmad Herriansyah; Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil; Kepala Sub Bagian Kepegawaian, TU dan RT, Slamet Riady; Kepala Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, Eko Herdianto, dan JFT Arsiparis Pertama, Risky Amelya. (Humas Kanwil Kalsel, teks: Joel, Foto: Iwan/Mahdian, ed: Eko)

pemusnahan arsip 2

pemusnahan arsip 2

pemusnahan arsip 2

pemusnahan arsip 2

pemusnahan arsip 2

pemusnahan arsip 2

pemusnahan arsip 2

pemusnahan arsip 2


Cetak   E-mail