Percepat Progres Pembentukan Desa/Kelurahan Sadar Hukum, Kanwil Kemenkumham Kalsel Sambangi BPHN

WhatsApp Image 2022 05 23 at 8.39.58 PM

Jakarta, Humas_Info –  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM lakukan kunjungan ke Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) untuk berkoordinasi terkait upaya peningkatan Desa Sadar Hukum di Kalimantan Selatan. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Kalsel menemui Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum, Kartiko Nurintia pada Senin (23/5) untuk berdiskusi terkait progres pembentukan Desa Sadar Hukum.

Pada kesempatan ini, Ngatirah melaporkan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalsel telah melakukan pembinaan di beberapa Desa/Kelurahan seperti di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, dan Kabupaten Tanah Bumbu. Selain itu, Kanwil Kemenkumham Kalsel juga telah melakukan penyuluhan hukum terpadu dalam rangka percepatan pembentukan Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Kartiko Nurintia menyambut hal tersebut dengan sangat baik. “Terus lakukan pembinaan secara berkala agar Desa/Kelurahan lainnya yang ada di Kalimantan Selatan dapat terdorong untuk menjadi Desa Sadar Hukum. Bangun persepsi yang sama antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini melalui Kantor Wilayah dalam upaya mendorong dan membina Desa," ucapnya.

Tak lupa pada kunjungan koordinasi yang dilakukan ini juga Ngatirah selaku Kadivyankumham mendiskusikan terkait dengan indikator Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang telah ditetapkan oleh BPHN. "Indikator-indikator ini menjadi hal yang sangat penting agar nantinya Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang telah dibina mampu memenuhi standar ataupun kriteria yang berlaku," pungkas Ngatirah. (Kontributor Divisi Yankumham, Ed: Joel/Eko)

WhatsApp Image 2022 05 23 at 8.39.59 PM

WhatsApp Image 2022 05 23 at 8.39.59 PM 1


Cetak   E-mail