Kanwil Kalsel Gelar Tausyiah Islam, Angkat Materi tentang Lailatul Qadar : Maksimalkan Ibadah di Sepuluh hari Terakhir

 

WhatsApp Image 2022 04 14 at 14.43.37

Banjarmasin, Humas_Info – Memasuki minggu ke-2 di Bulan Ramadhan, tepatnya pada hari ke-12 ramadhan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan melakukan kegiatan Rohani Islam berupa Shalat Dhuha berjamaah yang dilanjutkan dengan mendengarkan tausyiah keagamaan bertempat di Aula Kantor Wilayah pada hari Kamis, (14/04). Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan penguatan terhadap wawasan islam dan mental pegawai ini dilakukan sebanyak satu minggu sekali di hari Kamis ini diawali dengan melakukan kegiatan shalat Dhuha yang dilanjutkan dengan pengantar pimpinan serta tausyiah agama Islam oleh Ustadz Fadli.

Pada kesempatan ini, Pimpinan Tinggi yang memberikan pengantar adalah Kepala Divisi Adminsitrasi, Rifqi Adrian Kirswanto yang mengatakan bahwa setelah dilakukan kegiatan rohani Islam kali ini akan dilakukan pencanangan Berseri, yakni Bersih, Sehat, dan Rapi.

Usai pengantar dari Kepala Divisi Administrasi, kegiatan selanjutnya adalah mendengarkan tausyiah agama Islam yang membahas tentang lailatul Qadar. “Lailatul Qadar berasal dari kata lail yang artinya malam dan Qadar yang artinya mulia, sehingga Lailatul Qadar memiliki arti malam kemuliaan. Malam ini lebih baik dari 1000 bulan atau 30 ribu malam yang setara dengan 83,33 tahun.” Ungkapnya.

“Manusia tidak dapat mengetahui secara pasti mengenai datangnya lailatul qadar, namun biasanya dilaksanakan pada 10 (sepuluh) malam terakhir di bulan Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil seperti 21, 23, 25, 27, dan 29”, tambahnya menerangkan.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menggapai malam tersebut adalah dengan melakukan amalan-amalan baik seperti bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua bentuk ibadah pada hari-hari Ramadhan, menjauhkan diri dari semua hal yang dapat mengurangi keseriusan beribadah pada hari-hari tersebut, berupaya melakukan i’tikaf dengan sekuat tenaga, melakukan qiyamul lail berjamaah sampai dengan rakaat terakhir yang dilakukan imam, serta memperbanyak doa untuk memohoon ampunan dan keselamatan kepada Allah.

Kegiatan rohani Islam ini diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan mulai dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi, Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, para Pejabat Administrator, para Pejabat Pengawas, JFT, JFU, dan PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) Kantor Wilayah. (Humas Kanwil Kalsel – teks : Yusika, foto: Pendi, ed : Eko)

WhatsApp Image 2022 04 14 at 14.43.37

WhatsApp Image 2022 04 14 at 14.43.37

WhatsApp Image 2022 04 14 at 14.43.37

WhatsApp Image 2022 04 14 at 14.43.37


Cetak   E-mail