Perbanyak Ibadah Selama Ramadhan, Jadi Topik Tausyiah pada Rohani Islam Kanwil Kalsel Kali Ini

WhatsApp Image 2022 04 07 at 07.20.58 1

Banjarmasin, Humas_Info – Memasuki minggu pertama puasa, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan tetap langsungkan kegiatan Rohani Islam yang berpusat di Aula Kantor Wilayah. Seperti di hari Kamis sebelumnya, kegiatan Rohani Islam pada hari Kamis ini (07/04) diawali dengan melakukan shalat Dhuha berjamaah kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan tausyiah keagamaan yang didahului oleh sambutan Kepala Kantor Wilayah.

Usai melaksanakan shalat Dhuha berjamaah, Kepala Kantor Wilayah, Lilik Sujandi menyampaikan kepada seluruh jajaran yang turut berhadir untuk dapat menjaga ibadah, terlebih saat ini di bulan puasa. ”Kita sebagai pegawai negeri sipil, yang sehari-harinya bekerja melaksanakan tusi (tugas dan fungsi) yang mana kita juga menjadi bagian dari masyarakat, memiliki peranan sebagai suami atau istri, kita perlu waktu untuk melakukan kewajiban beribadah, yang mana perintah tersebut tercantum pada AlQur’an surat Az-Zariyat : 56”, tuturnya.

“Wama kholaqtul jinna wal insa illa liya'budun, yang artinya "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku." Sebagaimana mestinya, kita sebagai makhluk-Nya memang diciptakan untuk beribadah kepada-Nya dan dari semua tujuan ibadah adalah mengingat Allah. Sholat, puasa, dan lain-lain semua untuk mengingat Allah.

Usai sambutan pengantar dari Kakanwil, kegiatan rohani Islam selanjutnya adalah tausyiah keagamaan dari Ustdadz Fadli. Ustadz Fadli mengatakan bahwa, “ada salah satu hadits terkait pembagian keutamaan bulan Ramadhan menjadi tiga, yaitu sepuluh hari pertama rahmat, sepuluh hari kedua adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka,” jelasnya.

Selain itu, ustadz Fadli berpesan agar jangan meremehkan amalan amalan kecil. Amalan kecil dapat menyelamatkan dari siksa api neraka, dengan pahala yang luar biasa.

“Sebenarnya, orang yang sedang beribadah berarti dia sedang memuliakan Allah dan dirinya, sebaliknya orang yang tidak beribadah adalah orang yang menghinakan Allah.” ujarnya.

Kegiatan Rohani Islam ini juga turut dihadiri secara daring oleh seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan dan dihadiri langsung oleh seluruh pegawai dan PPNPN Kantor Wilayah Kalimantan Selatan mulai dari Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Admnistrator, Pejabat Pengawas, JFT, dan JFU, serta PPNPN maupun siswa magang. (Humas Kanwil Kalsel – teks, foto: Jo'el, ed: Eko)

WhatsApp Image 2022 04 07 at 07.20.58 1

WhatsApp Image 2022 04 07 at 07.20.58 1

WhatsApp Image 2022 04 07 at 07.20.58 1


Cetak   E-mail