Orientasi CPNS Hari Ke-2, Lilik Sujandi : Jadilah Tunas Pengayoman yang Jujur dan Berintegritas

Orientasi CPNS Hari ke 2 1

Banjarmasin, Humas_Info – Memasuki hari ke-2 orientasi CPNS, sebanyak 67 peserta kembali mengikuti kegiatan orientasi yang kali ini dilakukan secara luring atau tatap muka secara langsung. Orientasi kali ini, peserta mendapatkan arahan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi.

Lilik Sujandi menyampaikan selamat kepada seluruh CPNS yang telah berhasil lolos dalam semua tahapan seleksi hingga akhir, dimana ini semua merupakan hasil dari kerja keras dan kompetensi yang dimiliki oleh setiap CPNS. Selanjutnya, Lilik mengajak kepada seluruh CPNS untuk menjadi Tunas Pengayoman yang berintegritas. “CPNS harus jujur dan informatif, jujur dalam menghadapi segala sesuatu dan memberikan informasi sesuai dengan keadaan sebenarnya. Anda telah mengambil keputusan untuk menjadi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM dan setiap keputusan yang telah diambil memiliki resiko masing-masing,” ujar Lilik.

“Ada hal yang berjalan tidak sesuai aturan, ini adalah resiko yang harus anda hadapi, apakah anda akan tetap teguh sesuai dengan aturan atau menjadi pihak yang melanggar aturan. Saat anda mengikuti sistem yang salah dan tidak keluar dari situ, maka peluang anda untuk berkarir akan habis,” tambahnya.

Pada akhir arahannya, Lilik Sujandi memberikan simulasi saat bekerja dalam sebuah kelompok atau organisasi. “Kita mengenal manajemen komando, kita harus paham apa tugas dan fungsi kita. Perintah dan tugas yang telah diberikan, kita harus tahu posisi anda dimana untuk kemudian berkoordinasi dengan bagian lain dan kita harus memiliki Etika dalam bekerja,” pungkasnya.

Dilanjutkan pemberian arahan oleh Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto. Dalam arahannya, Rifqi memberikan gambaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, struktur organisasi dan tugas fungsi dari Kantor Wilayah. “Kita bentuk kerangka berpikir kita dengan persepsi yang sama perihal struktur organisasi dari Unit Eselon I hingga Kantor Wilayah. Kita harus menjaga kehormatan Kementerian Hukum dan HAM dan meningkatkan citra positif kemenkumham. Kalian sudah bergabung dan berkomitmen untuk membangun Kementerian Hukum dan HAM sekaligus menjadi ujung tombak di lapangan untuk mengimplementasikan tugas dan fungsi kalian,” ujar Rifqi.

Kemudian pembekalan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah. Dijelaskan struktur Organisasi Divisi Pelayanan Hukum dan HAM pada Kantor Wilayah beserta tugas dan fungsinya. Ngatirah berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat menjadi Tunas Pengayoman yang bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. “Tekuni pekerjaan kalian dengan ikhlas, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dengan baik, ikuti aturan yang ada. Jauhi narkoba, karena itu pelanggaran yang berat dan akan langsung dijatuhi hukuman disiplin,” jelas Ngatirah. (Humas Kanwil Kalsel, teks & foto: Iwan, ed: Eko)

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2

Orientasi CPNS Hari ke 2 2


Cetak   E-mail