Rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, Sebanyak 1.750 WBP Lapas Kelas IIB Banjarbaru Ikuti Vaksinasi Booster

001

Rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, Sebanyak 1.750 WBP Lapas Kelas IIB Banjarbaru Ikuti Vaksinasi Booster

Banjarbaru, Info_PAS - Dukung Program Pemerintah dalam melindungi seluruh warga negara Indonesia dari potensi dan bahaya Covid-19, Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal pemasyarakatan yang didukung dengan kerja sama instansi terkait memberika vaksin booster kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan.

Sekaligus memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58 Tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui salah satu Unit Pelaksana Teknisnya, yakni Lapas kelas IIA Banjarbaru memberikan kepada sebanyak 1.750 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Banjarbaru suntikan vaksin Covid-19 dosis booster yang dilaksanakan di Lapangan Lapas Banjarbaru, Kamis (31/03/2022).

Kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas Lapas Banjarbaru dengan Tim Vaksinator Pemerintah Daerah melalui Dinkes Kota Banjarbaru (Puskesmas Cempaka), Polda Kalsel melalui Biddokes dan Poliklinik Brimob, Polres Banjarbaru, serta Kodim 1006 Martapura.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono dan Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan, M. Susanni.

Turut hadir Gubernur Kalimantan Selatan, yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Sulkan. Kemudian, Kapolda Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Dirtahti, AKBP Eka Surahman, S.I.K dan Danrem 101 Antasari Wilayah Kalimantan Selatan yang diwakilkan oleh Pasi Ops, Mayor Inf. Syamsul.

Selanjutnya, hadir Kapolres Banjarbaru melalui Wakapolres Banjarbaru, Kompol Boma W. Purnomo, S.E, S.I.K dan Dandim 1006 Martapura melalui Danramil 1006-07/Banjarbaru, Kapten Inf. Syafril Anwar, Serta Kapolsek Cempaka, Ipda Dr. Subroto Rindang R.A Setyawan, S.H, M.H.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi menyampaikan bahwa, "saya selaku Kepala Kantor Wilayah, tentu mengucapkan terimakasih kepada Kalapas Banjarbaru atas Inisiasi kegiatan, dan sinergitas dari rekan TNI, Polri, dan Dinkes setempat yang hari ini akan melaksanakan vaksinasi lanjutan atau booster yang memang diperlukan dalam rangka meningkatkan imunitas kekebalan tubuh bagi Warga Binaan," ucapnya.

Lilik mengatakan, "memang untuk keperluan perjalanan tidak terlalu diperlukan karena rekan-rekan WBP ini setiap harinya ada ditempat ini. Tetapi, tentu keberadaan dalam komunitas banyak, tentu mesti kita pikirkan sistem imunnya, karena resikonya pasti ada juga, walaupun dilaporan terakhir untuk seluruh WBP dan seluruh insan pengayoman sudah turun dan sekarang sudah zero," imbuhnya.

Dijelaskan Lilik, "perubahan situasi pandemi ke endemi, tentunya kita sepakat untuk menjaga diri, salah satunya dengan vaksinasi. Saya ucapkan terima kasih kepada rekan WBP atas kesediaannya untuk divaksin, semakin banyak yang mendapatkan vaksin maka kekebalan imun secara kelompok akan tinggi," jelasnya.

Lebih lanjut, Lilik menyampaikan bahwa ini (baksinasi) adalah cara kita semuanya untuk menyampaikan pesan bahwa warga binaan sebagai masyarakat indonesia, yang kebetulan berada ditempat ini untuk menjalankan kewajiban hukum dalam bentuk pidana, juga tetap harus mendapatkan hak yang sama didalam kesehatan, sehinggak hak hak dasar untuk bisa sehat, untuk bisa bergerak, untuk bisa berfikir, dan melaksanakan aktifitas pembinaan itu menjadi hal ikhwal yang utama.

Diakhir sambutannya Lilik menyampaikan "untuk itu sekali lagi kita bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang bersedia sebagai vaksinator atau penyedia vaksin, yang akan kita lanjutkan dengan kegiatan vaksin di lapas dan rutan yang lainnya. terimakasih atas kehadirannya, sampaikan salam kami kepada warga binaan lainnya, kepada beliau dan kita semua semoga senantiasa selalu dalam keadaan sehat," tutupnya.

Sementara itu, Sulkan sebagai Staf Ahli menyampaikan sambutan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, mengucapkan terima kasih kepada Vaksinator, Jajaran Lapas Banjarbaru, seluruh tahanan dan wbp atas terlaksananya vaksinasi booster.

"Vaksinasi ini merupakan ikhtiar kita dalam melawan pandemi. Insyallah, dengan vaksin booster ini, daya tahan tubuh dan peningkatan imunitas akan bertambah kuat, dan sekaligus membuat kita optimis untuk menuju kehidupan yang normal," ucapnya

Dijelaskannya, percepatan vaksinasi diseluruh lapisan masyarakat, menjadi cara yang paling ampuh untuk menghilangkan pandemi dari kehidupan.

Sebelumnya pada bulan Oktober hingga Desember 2021, Lapas Banjarbaru telah melaksanakan Vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua bagi 1.750 orang WBP dan seluruh petugas yang berjumlah 114 orang. (Humas Kanwil Kalsel, Kontributor: Lapas Banjarbaru, ed: Joel/Eko)

002

002

002

002

002

002

002

002

002


Cetak   E-mail