Kamis Istimewa, Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel Saling Bermaafan Jelang Puasa Usai Rohis Pagi Ini

WhatsApp Image 2022 03 31 at 07.17.06

Banjarmasin, Humas_Info – Dalam meningkatkan integritas dalam pelayanan Bertempat di Aula Kantor Wilayah, Kamis (31/03) jajaran Kantor Wilayah Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Rohani Islam yang dirangkaikan dengan kegiatan Shalat Dhuha berjamaah dan dilanjutkan dengan tausyiah keagamaan. Dalam kesempatan ini, Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto memberikan sambutan mewakili Kepala Kantor Wilayah usai melaksanakan shalat dhuha.

Dalam sambutannya Rifqi mengatakan, “ini merupakan Kamis istimewa, karena Kamis terakhir sebelum betemu di bulan Ramadhan yang jatuh pada hari Sabtu nanti, jadi ini pertemuan terakhir sebelum berpuasa,” ujarnya.

“Jangan sampai kita melewatkan kesempatan ini, jangan disia-siakan untuk mengawali bulan suci ramadhan”, tambahnya.

Usai sambutan dari Kepala Divisi Administrasi, kegiatan dilangsungkan dengan mendengarkan tausyiah dari Ustadz Fadli yang memberikan tausyiah dalam menghadapi bulan suci ramadhan, mulai dari dzikir dan pengendalian hawa nafsu.

“Musuh terberat bagi manusia itu ada 2 (dua) yakni Iblis dan bala tentaranya, kemudian yang kedua adalah hawa nafsu. Iblis pernah berucap, aku akan binasa dan lebur jika hamba allah mengatakan la ilaa ha ilallah wal istighfar. Tidak bakalan sanggup menggoda orang yang ahli zikir dan istighfar,” .” ujarnya.

Oleh karena itu Ustadz Fadli mengajak kepada seluruh jamaah untuk menyambut Ramadhan dengan membaca dzikir, cukup hanya dengan mengucapkan laa ilaa ha illallah, dan ini merupakan makanan dan supply hati, agar hati kita menjadi sehat dan tidak malas melakukan ibadah.

Puasa menjadi bagian untuk mentarbiah hambanya, mendidik hambanya menjadi insan yang lebih taqwa. “Kemudian, untuk musuh terberat kedua adalah hawa nafsu, nafsu ini yang harus dikendalikan, dan ini merupakan penyemangat bagi kita, jika nafsu berkuasa dan kita kalah akan nafsu tersebut, maka kita akan jauh lebih hina dari binatang. Sebaliknya, jika kita menang melawan nafsu, maka kita bisa lebih mulia daripada malaikat, karena malaikat diberikan akal tanpa nafsu, sedangkan binatang hanya diberikan nafsu tanpa akal, dan manusia diberikan akal dan nafsu sehingga kita harus mampu menggunakan dan mengendalikan keduanya dengan baik,” jelasnya.

Di dalam berpuasa kita wajib melakukan pengendalian diri, dalam hal ini ada 7 anggota tubuh yang wajib dijaga saat puasa, di antaranya adalah mata, telinga, lidah, perut, kemaluan, tangan dan kaki. Kewajiban berpuasa bagi umat muslim ini terdapat dalam Al Quran surat Al-Baqarah : 183, yang artinya Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Humas Kanwil Kalsel - teks : Yusika, foto : Pendi, ed : Eko)

WhatsApp Image 2022 03 31 at 07.17.06

WhatsApp Image 2022 03 31 at 07.17.06


Cetak   E-mail