Kemenkumham Kalsel Lakukan Kegiatan Pengawasan Orang Asing Di Wilayah Kabupaten Tanah Laut

timpora 1

Tanah Laut, Imigrasi_Info - Rabu, 23 Maret 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hulum dan HAM Kalimantan Selatan melalui Tim dari Divisi Keimigrasian yang diwakili oleh Kepala Subbidang Intelijen Keimigrasian, Agustinus Aponno dan pelaksana dari Subbidang  Penindakan Keimigrasian lakukan Pengawasan Orang Asing. Pada pengawasan tersebut  pertama kali disambangi yakni Perusahaan PT. C.J. Cheiljedang Feed Kalimantan yang bergerak di bidang Pakan Ternak yang beralamat Desa Banyu Irang Kab. Tanah Laut dan diketahui terdapat satu orang Tenaga Kerja Asing (TKA) berkebangsaan Korea Selatan.

Tidak berakhir di perusahaan pakan ternak tersebut, pengawasan Orang Asing dilanjurkan di Perusahaan PT Borneo Sukses Agrosindo dimana perusahaan tersebut bergerak di bidang Perkebunan Tapioka. Terus bekerja, Kemenkumham Kalsel melalui jajaran Keimigrasian melakukan pemantauan lapangan pada perusahaan-perusahaan yang mepekerjakan TKA di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan pemantauan orang asing berlangsung selama tiga hari sampai dengan Jum'at, 25 Maret 2022 di Kabupaten Tanah Laut. Terdapat 8 perusahaan yang berhasil disambangi. Hasilnya, jumlah Tenaga Kerja Asing yang teridentifikasi sebanyak 56 orang, namun tidak didapati TKA yang melakukan pelanggran keimigrasian.

Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi pada kesempatan terpisah menegaskan pentingnya peran imigrasi dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan negara dengan mengawasi agar orang asing yang berada di Indonesia, khususnya di Kalimantan Selatan mematuhi ketentuan yang berlaku. "Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel memiliki salah satu tugas menjalankan salah satu tugas Kementerian Hukum dan HAM di wilayah dalam menjaga kedaulatan negara, yaitu dengan memastikan seluruh Warga Negara Asing, juga di antaranya yang bekerja sebagai TKA di perusahaan-perusahaan di Kalsel melengkapi dokumen keimigrasian, dan tidak melanggar peraturan keimigrasian selama berada di wilayah Kalimantan Selatan ini," pungkasnya. (Kontributor: Div Im, ed:Joel/Eko)

 

timpora 2

timpora 2

 

timpora 2

timpora 2

timpora 2

timpora 2

timpora 2

timpora 2

timpora 2


Cetak   E-mail