Kakanwil Kemenkumham Kalsel Berikan Penguatan WBK di Rutan Barabai

001

Kakanwil Kemenkumham Kalsel Berikan Penguatan WBK di Rutan Barabai

Barabai, Humas_Info – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi melanjutkan agenda kunjungan di daerah banua enam, dengan berkunjung ke Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Barabai, Rabu (16/03). Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Rutan Barabai, Gusti Iskandarsyah.

Kakanwil yang didampingi Karutan Barabai berkeliling melakukan monitoring pelayanan yang ada di Rutan Barabai. Gusti menyampaikan inovasi dengan harga murah kepada Kakanwil, yakni Simpangkeling yang cara kerjanya mendeteksi setiap gerakan yang melewati dinding branggang dengan sensor.

Setelah melihat cara kerja Simpangkeling, Kakanwil juga meninjau kegiatan kemandirian dan dapur higienis pada Rutan Barabai. Usai lakukan peninjauan, Lilik mengumpulkan para ketua Tim Pokja untuk memberkan penguatan yang bertempat di gazebo Rutan Barabai.

Gusti Iskandarsyah melaporkan bahwa pada tahun 2021 silam, Rutan Barabai mengalami tiga kali banjir dan yang paling parah terjadi bulan Januari 2021. “Walau Rutan Barabai mengalami banjir, itu tidak menyurutkan semangat kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kompetensi petugas dengan memberikan pelatihan tanggap darurat penanganan bencana banjir.” Lapor Gusti.

Dalam arahan, Lilik memberikan masukan terkait bencana banjir yang sering terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah khususnya di Rutan Barabai dengan membuat sistem pengamanan berbasis keselamatan bagi para petugas dan warga binaan pemasyarakatan Rutan Barabai. “Konsep bangunan Rutan Barabai ini sudah bagus dan tidak perlu dirubah, namun harus membangun sistem pengamanan berbasis keselamatan dengan mencontoh bangunan rumah adat banjar untuk evakuasi/menjadi titik kumpul pada saat banjir menerjang. Benturan kepentingan internal maupun ekternal itu menentukan sukses atau tidaknya suatu proses pembangunan zona integritas menuju WBK,” jelas Lilik. (Humas Kanwil Kalsel, foto & teks: Ricky, ed: Eko)

002

002

002

002

002

002

002

002

002


Cetak   E-mail