Curi Start Persiapan WBK, Kanwil Kalsel Lakukan Rapat Pendahuluan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14

Banjarmasin, Humas_Info – Bertempat di Aula Kantor Wilayah, Kanwil Kalsel mulai melaksanakan sosialisasi dan persiapan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Kanwil Kalsel baik melalui luring maupun daring melalui aplikasi Zoom, Senin (14/02).

Bertindak sebagai moderator, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, yang merangkap sebagai Plt. Kepala Divisi Administrasi, Ngatirah menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan Rapat Pendahuluan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Output kegiatan ini yakni sebagai salah satu bentuk persiapan Kanwil Kalsel untuk dapat memahami bagaimana penilaian WBK di tahun 2022 yang mana saat ini telah mengalami perubahan kebijakan yang sebelumnya dapat dibuka melalui Permenpan Nomor 10 Tahun 2019 namun sekarang telah diubah ke Permenpan-RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Plt. Kepala Kantor Wilayah, Heni Susila Wardoyo mengajak seluruh jajaran yang berhadir secara langsung maupun secara daring untuk tetap semangat dan tetap optimis untuk dapat meraih predikat WBK/WBBM. “Optimisme yang diiringi keyakinan dan disertai doa niscaya akan dapat meraih predikar tersebut,” ungkapnya.

Heni berharap agar di tahun ini Kanwil Kalsel bisa mewujudkan minimal 80% satkernya untuk dapat lolos WBK.
“Ini merupakan satu pekerjaan tambahan, sementara urusan satker pemasyarakatan saja dinamikanya sangat luar biasa dengan adanya motivasi yang diberikan dasarnya kita telah memiliki semangat dan etos kerja yang luar biasa. Doa saya semoga kita semua mampu mewujudkan itu dan Tuhan Yang Maha Esa dapat mengijinkan apa yang menjadi doa kita. Salam hormat untuk seluruh jajaran Kasatker,” tukasnya mengakhiri sambutan.

Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil menyampaikan beberapa pointer rapat dan hasil dari sosialisasi dari Focus Group Discussion yang telah dilaksanakan beberapa pekan yang lalu. Pada pertemuan tersebut beliau menyampaikan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dan beberapa perubahan kebijakan dalam penilaian pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di tahun 2022.
Tidak kalah penting, survei IPK-IKM pun sangat berperan dalam proses pembangunan ZI dan ini perlu menjadi perhatian agar seluruh satker dapat meningkatkan kualitas pelayanan menjadi yang lebih baik. Responden survei dijelaskan dapat terbaca oleh sistem, dan pelaksanaan survei ini harus menjadi perhatian karena di Kemenpan sangat sensitif sekali dalam menilai dan terbaca secara gamblang.
“Kami dari Kanwil sebagai pembina ZI menuju WBK/WBBM siap membantu teman-teman dan membantu fasilitasi jajaran satker untuk membantu pimpinan dalam rangka mewujudkan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM.” Tutupnya.

Mengingat pentingnya persiapan dan penyampaian informasi dalam kegiatan, Plt. Kepala Divisi Administrasi menegaskan agar pimpinan dapat menjelaskan dan tahu secara menyeluruh tentang kondisi satker dan seluruh komponen penilaian pembangunan ZI, karena nantinya pimpinanlah yang harus menjelaskan saat di penilaian TPI maupun TPN.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono juga mengingatkan kepada seluruh jajaran satker pemasyarakatan agar dapat meningkatkan pengawasan menuju pemasyarakatan PASTI dan kembali menggalakkan program back to basic serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Di akhir kegiatan, Kepala Sub Bagian Humas, RB, dan TI, Eko Sulistiyono menjelaskan terkait pembahasan teknis tentang perubahan kebijakan dan mekanisme pembangunan Zona Integritas dan langkah-langkah yang harus dipenuhi oleh jajaran satker dalam mendukung pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. (Humas Kanwil Kalsel – teks: Yusika, foto: Iwan, ed: Eko)

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.11

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14

WhatsApp Image 2022 02 14 at 20.43.14


Cetak   E-mail