Dorong Pendaftaran KI Komunal dan Indikasi Geografis, Tim Kanwil Kemenkumham Kalsel Sambangi Dinas Pertanian Tabalong

3 DINAS PERTANIAN 10

Tabalong, Humas_Info - Tim Kanwil Kemenkumham Kalsel semakin gencar untuk mengembangkan pendaftaran kekayaan intelektual di Kalimantan Selatan. Kali ini  jajaran Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual kembali berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong untuk mendorong pendaftaran Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dan Indikasi Geografis (IG) dengan melajukan koordinasi yang dilaksanakan pada hari Kamis, (3/2/22).

Kedatangan Tim Kanwil Kemenkumham Kemenkumham Kalsel ke Dinas Pertanian Tabalong ini disambut oleh Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan Holtikultura, H. Kardiansyah, Kepala Bidang Prasarana TPH, Suaidi, dan Kepala Seksi Buah dan Tanaman Hias, Endang Susilowati.

Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Kalsel, Riswandi yang melakukan koordinasi bersama jajaran menyampaikan bahwa Kabupaten Tabalong memiliki banyak potensi KI, khususnya di bidang pertanian dengan banyaknya varietas buah-buahan seperti Langsat Tanjung, Durian, dan Pampakin.

"Kolaborasi yang selama ini sudah dijalin dengan Dinas Pertanian Tabalong ini sudah sangat baik, sebelumnya bahkan sudah ada 11 varietas Durian Tabalong yang didaftarkan dan terbit sertifikat KI Komunalnya, hal ini yang kita siap akan terus dorong untuk mendaftarkan varietas lainnya dan kita targetkan juga agar bisa mendaftarkan Indikasi Geografisnya," ucap Riswandi.

Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan Holtikultura, H. Kardiansyah juga menyampaikan bahwa potensi yang ada untuk didaftarkan KIK dan IG di Kabupaten Tabalong masih sangat banyak terlebih untuk buah-buahan seperti durian dan langsat. "Ini terus kita proses dan usahakan agar bisa terdaftar KIK dan IG di Kemenkumham tentunya dengan pendampingan dari Bapak/Ibu sekalian," ucapnya

Eka Shanty Maulina, Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Kalsel juga menambahkan bahwa kedepannya pihaknya akan terus berkolaborasi dan bekerja sama dengan dukungan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong untuk mengembangkan pendaftaran KIK dan IG. "Selama ini kita sudah berkoordinasi dengan baik dengan Dinas Pertanian, dan hal ini yang akan terus kita kembangkan bersama lagi kedepannya," ucap Eka.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Analis Pelayanan Kekayaan Intelektual, Aji Rifani dan Lenny Yulianti selaki JFU Pengolah Data Laporan Sub Bidang Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Kalsel. (Humas Kanwil Kalsel, teks dan foto: Joel, Ed: Eko).

3 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 103 DINAS PERTANIAN 10


Cetak   E-mail