Gelar Kegiatan Kerohanian, Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Melaksanakan Amal Ibadah Menjadi Pokok Tausiyah

 IMG 20220203 WA0000

Banjarmasin, Humas_info - Memasuki minggu pertama di bulan Februari tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan kembali melaksanakan kegiatan Kerohanian Agama Islan yang dilaksanakan pada Kamis (03/02) bertempat di Aula Kantor Wilayah yang diikuti oleh jajaran Pejabat Struktural, Pegawai JFT dan JFU Kantor Wilayah. Kegiatan yang rutin digelar setiap hari kamis dan di relay secara daring untuk diikuti juga oleh UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi, menjadi wadah bagi jajaran Kanwil dalam menambah ilmu serta mengingatkan diri sendiri untuk beribadah dan berbuat amal dan kebajikan.

Kegiatan yang diawali dengan shalat dhuha berjamaah yang dipimpin oleh Ustadz Fadli dan dilanjutkan dengan tausiyah. "Nikmat terbesar yang kita adalah kita punya ilmu, bukan harta, bukan pula tahta dan jabatan. Barang siapa yang hadir di majelis ilmu walaupun tidak memahami apa yang didengarkan namun tetap mendapatkan Rahmat dari Allah SWT karena majelis ilmu merupakan bagian dari taman surganya Allah," ujarnya.

Beliau juga menjelaskan mempelajari ilmu agama merupakan tata cara bagaimana suatu ibadah diterima oleh Allah SWT sehingga suatu perbuatan amal tanpa didasari oleh ilmu niscaya akan sia-sia. Contohnya yakni tentang kematian yang bisa kapan saja terjadi, ini merupakan suatu pengetahuan yang pasti terjadi dan dari sini apa yang perlu kita persiapkan sebelum waktu kematian kita datang bisa didapat melalui amalan yang kita pelajari lewat menuntut ilmu sehingga bila tiba waktu menghadap Allah kita sudah tahu apa yang perlu dilakukan dan dipersiapkan lewat perbuatan amal ibadah yang dibarengi dengan ilmu.

Dalam contoh lain Ustadz Fadli menyampaikan salah satu amalan yang disenangi oleh Allah yakni rajin mengamalkan membaca surah yasin yang rutin dilakukan hingga meniatkan membaca surah yasin sebagi bagian dari amalan dalam wirid mudawamah sebagai penyelamat dunia dan akhirat, seperti yang dilakukan oleh para wali dengan istilah Hizib yakni sebuah kumpulan wirid yang digunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. Dimana kita tahu semua itu tentu didapatkan dari menuntut ilmu salah satunya melalui majelis ilmu sehingga menambah pengetahuan kita tentang berbagai cara melaksanakan amal ibadah yang baik dan diridhai oleh Allah SWT. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks: Pendi, ed: Eko)

IMG 20220203 WA0000IMG 20220203 WA0000IMG 20220203 WA0000


Cetak   E-mail