Kanwil Kemenkumham Kalsel Mengikuti Ekspose Penyelenggaraan Aplikasi Online Kemenkumham Secara Virtual

aplikasioke1

Banjarmasin, Humas_Info – Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan menghadiri secara virtual kegiatan Sosialisasi Ekspose Penyelenggaraan Aplikasi Online bertempat di ruang rapat Kepala Kantor Wilayah Kamis (01/04). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menghadiri video conference bertempat di Hotel Ambarukmo Yogyakarta, hadir di ruang rapat Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, M Syafwan Zuraidi, Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian, I Dewa Made Artana, Kepala Sub Bidang Pembinaan, Teknologi Informasi dan Kerja Sama, Suryanto dan Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi, Eko Sulistiyono.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Andap Budhi Revianto menyampaikan beberapa hal terkait Ekspose Penyelenggaraan Aplikasi Online. Dalam perkembangan lingkungan yang strategis, kita harus memanfaatkan sarana digital terutama karena kita saat ini tengah mengalami pandemi Covid-19. Layanan aplikasi online ini diharapkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dari  Kementerian Hukum dan HAM RI. Saat ini terdata 682 aplikasi yang ada di lingkungan Kemenkumham RI sehingga akan dilakukan verifikasi supaya dari 682 tersebut bisa terintegrasi menjadi satu pintu.

Andap Budhi Revianto mengingatkan aspek regulasi UU No 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan PP No 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. “Tolong aspek regulasi ini dikuasai secara benar, karena kita bekerja di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM,” pesan Andap.

Penutup yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, “mari kita dukung, implementasikan dengan baik arahan dan kebijakan dari Menteri Hukum dan HAM, lakukan monitor terhadap 682 aplikasi tersebut dari segi manfaat dan kemudahan dalam akses, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,” pungkasnya.

Staf Khusus Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S. Lase berharap bahwa layanan aplikasi online ini menjadi cikal bakal dari Single Sign One. Layanan Single Sign One (SSO) dapat memudahkan pengguna untuk dapat mengakses banyak layanan hanya dengan satu kali login. Untuk layanan aplikasi online yang saat ini berada di wilayah satuan kerja, Kantor Wilayah diharapkan dapat menghimpun dan menginvetarisasi seluruh aplikasi yang tersebar di masing-masing kantor wilayah untuk nantinya dilakukan verifikasi oleh Direktur TI terkait dan Pusdatin. (Humas Kanwil Kalsel, teks dan foto: Iwan, ed : Eko).

 

aplikasioke2

aplikasioke2

aplikasioke2

aplikasioke2

aplikasioke2

aplikasioke2

 

 


Cetak   E-mail