Persiapan Latsar, CPNS Kanwil Kemenkumham Kalsel Ikuti Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi Massive Open Online Course (MOOC)

25 MAR CPNS LATSAR ONLINE 1

Banjarmasin, Humas_Info – Ikuti Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi Massive Open Online Course (MOOC), Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan persiapkan diri untuk mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) online yang akan diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalsel pada hari Kamis, (25/03) ini diikuti secara daring oleh seluruh CPNS Formasi Kanwil Kemenkumham Kalsel dan juga CPNS Formasi di Unit Pelaksana Teknis.

Massive Open Online Course (MOOC) merupakan platform terbuka yang memungkinkan CPNS dari seluruh Indonesia dapat mengakses platform ini secara bertanggung jawab. MOOC ini dilengkapi dengan evaluasi akademik untuk mengukur kompetensi Peserta Latsar CPNS dalam memahami berbagai bahan ajar untuk mendukung tujuan pembelajaran yakni pembentukan karakter CPNS. Aplikasi MOOC merupakan sebuah terobosan dalam pelaksaanaan Latsar bagi CPNS dimasa pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk dilakukannya pelatihan tatap muka dalam mencegah penyebaran virus.

Fauziah Mukhlisah selaku Analis Kebijakan Ahli Pertama Lembaga Administrasi Negara yang menjadi Narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan Latsar secara daring ini akan diawali dengan proses pembelajaran mandiri melalui aplikasi MOOC dan kemudian akan dilanjutkan dengan pembelajaran distance learning bersama pemateri yang juga dilakukan secara daring melalui media video conference.

“Pada proses Latsar Online nantinya juga akan dilakukan proses evaluasi dan penilaian, baik itu penilaian sikap prilaku dan penilaian akademik melalui aplikasi MOOC, sehingga peserta Latsar diminta untuk mengakses seluruh materi dan mengikuti setiap tahapan evaluasi yang ada di aplikasi ini,” ucapnya.

Selanjutnya direncanakan pada tanggal 29 Maret 2021 akan dilangsungkan pembelajaran mandiri MOOC selama 16 hari sampai dengan 20 April 2021. Jika sesuai jadwal pelaksanaan distance learning, Menteri Hukum dan HAM akan membuka kegiatan Pelatihan Dasar secara serentak bagi 4.776 CPNS di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM pada 21 April 2021 mendatang. (Humas Kanwil Kalsel, teks: Joel, foto: Iwan, ed : Eko).

 

25 MAR CPNS LATSAR ONLINE 425 MAR CPNS LATSAR ONLINE 425 MAR CPNS LATSAR ONLINE 4


Cetak   E-mail