Tim Pengawasan Orang Asing Provinsi Kalsel Gelar Pemeriksaan Keimigrasian di PT. Conch South Kalimantan Cement

 17 MAR TIMPORA KE CONCH 1

Tabalong, Humas_Info – Gelar operasi gabungan dalam upaya melakukan pengawasan orang asing yang berada di Kalimantan Selatan, Teodorus Simarmata selaku Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel pimpin langsung pemeriksaan keimigrasian di PT. Conch South Kalimantan Cement yang berlokasi di Kabupaten Tabalong. Kegiatan pengawasan orang asing ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan keimigrasian secara langsung terkait keberadaan Warga Negara Asing (WNA) khususnya yang menjadi tenaga kerja di PT. Conch South Kalimantan Cement.

Operasi gabungan yang dilaksanakan pada hari Selasa, (16/03) ini juga diikuti oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Hasrullah, beserta para JFU/JFT pendamping. Selain diikuti oleh tim dari Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, pada operasi gabungan ini juga turut serta instansi-instansi lain yang merupakan anggota Tim PORA Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu, Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Daerah Wilayah III Balangan, Kejaksaan Negeri Tabalong dan Polres Tabalong.

Teodorus Simarmata menyampaikan kepada pihak manajemen PT. Conch South Kalimantan Cement bahwa tujuan dari kedatangan pihaknya untuk memastikan seluruh WNA yang ada di perusahaan ini sudah terdaftar dan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku.

“Tujuan kita melakukan operasi gabungan ini untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing yang ada di PT. Conch South Kalimantan Cement, karenanya pada kesempatan ini kami juga melakukan pemeriksaan keimigrasian secara langsung kepada seluruh WNA yang ada disini,” ucap Teo.

Teodorus Simarmata yang juga merupakan Ketua Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan untuk pemeriksaan keimigrasian yang dilaksanakan terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu pemeriksaan dokumen keimigrasian Tenaga Kerja Asing (TKA), pencocokan dokumen keimigrasian dengan pemegangnya, dan verifikasi lapangan untuk pengecekan faktual tempat pekerjaan TKA tersebut.

Kedatangan Tim PORA Provinsi Kalsel ini disambut langsung oleh Assistant Kepala Department Office PT. Conch South Kalimantan Cement, Florentinus, Marketing Manager, Qin Dong, Production Engineer, Liang Yunfeng, Sekretaris, Aina dan Staf HRD, Ashadi. Adapun beberapa temuan yang ada dilapangan akan segera ditindaklanjuti oleh PT. Conch South Kalimantan Cement. “Kami menyambut baik kedatangan Tim PORA Kalsel keperusahaan kami dan atas beberapa temuan kekurangan administrasi dalam proses pemeriksaan keimigrasian yang dilakukan kami akan segera tindaklanjuti dan lengkapi sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucap Florentinus. (Kontributor: Divisi Keimigrasian, ed : Joel/ES).

 

17 MAR TIMPORA KE CONCH 517 MAR TIMPORA KE CONCH 517 MAR TIMPORA KE CONCH 517 MAR TIMPORA KE CONCH 5


Cetak   E-mail