Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Hadiri Rapat Teknis Bersama Kanwil Kemenag Kalsel, Dukung Persiapan Penyelenggaraan Haji di Tengah Pandemi Covid-19

001

Banjarmasin, Humas_Info – (17/03) Bertempat di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan melalui Divisi Keimigrasian menghadiri rapat teknis penyelesaian dokumen jamaah haji yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan.

Hadir Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian sebagai perwakilan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Indra Sakti Suhermansyah dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Sahat Pasaribu, dan Kepala Sub Seksi Izin Tinggal Keimigrasian sebagai perwakilan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Aditya Pradana serta para Kepala Seksi Penyelenggara Haji Umroh dari berbagai daerah se-Kalimantan Selatan.

Rapat Teknis ini diawali dengan laporan panitia oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kalsel, Rusbandi menyampaikan tujuan dari kegiatan ini merupakan penyamaan persepsi tentang Penyelenggaraan Haji di tahun 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H. Noor Fahmi menyampaikan antisipasi persiapan penyelenggaraan haji tahun 2021 dikarenakan belum adanya kepastian keberangkatan haji dari Pemerintah Arab Saudi. Salah satu persiapan yakni dokumen paspor dan manasik haji. Bukan hanya Pemerintah RI saja yang terkena imbas tidak bisa memberangkatkan jamaah haji dikarenakan pandemi Covid-19, namun juga berimbas pada sosial budaya maupun ibadah. Dengan diadakannya rapat teknis ini diharapkan antisipasi berbagai kemungkinan dan mendapatkan solusi terbaik bagi jamaah haji khusus maupun reguler.

Selanjutnya paparan materi dari Kanim Banjarmasin oleh Irpan Supari menyampaikan pelayanan keimigrasian dalam masa kebiasaan baru, gambaran umum tentang dasar hukum, dokumen paspor, persyaratan dokumen paspor serta layanan eazy paspor. Dilanjutkan oleh Kepala Kanim Banjarmasin, Sahat Pasaribu yang menyampaikan "perlu diperhatikan persyaratan permohonan paspor agar tidak bolak-balik pemohon datang ke Kantor Imigrasi," jelasnya.

Rapat teknis berlanjut dengan diskusi dari Kemenag di daerah se-Kalimantan Selatan dengan para pengampu tugas Keimigrasian. Ditambahkan oleh perwakilan Divisi Keimigrasian, Indra menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalsel terus bersinergi baik melalui Kanim Banjarmasin maupun Kanim Batulicin untuk menyatukan persepsi agar kedepannya pelayanan haji akan lebih mudah, sehingga antar pihak saling menguntungkan. Indra juga mempromosikan layanan eazy pasport agar dimanfaaatkan. Saat ini layanan tersebut sudah berjalan untuk melayani masyarakat dan jamaah haji. Perwakilan Kanim Batulicin juga menambahkan bagi yang ingin sekolah ke Timur Tengah agar meminta surat rekomendasi dari sekolah yang bersangkutan untuk berjaga-jaga bagi keamanan negara. (Humas Kanwil Kalsel - Kontributor: Divisi Keimigrasian, ed: Ricky/ES)

002002002002002002002


Cetak   E-mail