Kakanwil Kemenkumham Kalsel Pimpin Pengambilan Sumpah serta Pelantikan Pejabat Fungsional Analis Keimigrasian dan Perancang Peraturan Perundang-Undangan Madya

Pelantikan JFT Feb 18 1

Banjarmasin, Humas_info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan kembali menyelenggarakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Fungsional, di ruang Aula Kanwil Kemenkumham Kalsel pada hari kamis (18/02). Kegiatan ini merupakan kali kedua dalam bulan Februari Kanwil Kemenkumham Kalsel pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan berjalan dengan penuh khidmat, turut hadir Kepala Divisi Administrasi Edi M.S. Hidayat, Kepala Divisi Imigrasi Teodorus Simarmata, serta para pejabat administrator dan pejabat pengawas di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan. Adapun pegawai yang dilantik ada 3 (tiga) orang pejabat fungsional, terdiri dari Analis Keimigrasian Ahli Muda (Hairil Fahmi) dan 2 (dua) orang pejabat fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan Madya (Eryck Yulianto, Bahjatul Mardhiah). Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dipimpin langsung oleh Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah dan memimpin pengucapan sumpah jabatan.

Dalam sambutanya Kakanwil menyampaikan terkait dengan wacana perampingan birokrasi yang termaktub dalam pidato presiden Joko Widodo. Bahwa kedepannya presiden menginginkan jabatan struktural hanya pimpinan tinggi madya dan pimpinan tinggi pratama. Perampingan birokrasi ini dimaksudkan untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah dan profesional dalam upaya peningkatan efektifitas dan efesiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik. Atas perampingan ini maka nantinya dalam tubuh aparatur sipil negara diisi dengan jabatan fungsional, untuk pejabat sturuktural secara tidak langsung didorong untuk melakukan impassing atau penyesuaian menjadi pejabat fungsional.

“Karir Jabatan fungsional menjadi salah satu alternatif, ke depan banyak pejabat struktural beralih ke jabatan fungsional. Ketika berstatus sebagai pejabat fungsional, maka sejauh mana karir seorang pegawai didasarkan pada kompetensinya karena dituntut memiliki kemandirian pribadi dalam bekerja sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.” Begitu ungkap Tejo.

Diakhir sambutannya Tejo memberikan ucapan selamat kepada pejabat fungsional yang sedang dilantik. “Selamat, Semoga menjadi pendorong dan motivasi dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagi aparatur sipil negara," tutupnya. (Humas Kanwil Kalsel, teks: Tutus, foto: Jo’el, ed : Eko).

 

Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10Pelantikan JFT Feb 18 10


Cetak   E-mail