Kanwil Kemenkumham Kalsel Rencanakan Pengembangan Perpustakaan Hybrid

WhatsApp Image 2021 02 11 at 10.49.32

Banjarmasin, Humas_Info – Kamis, (11/02) Bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, khususnya Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kanwil Kalsel menggelar rapat konsep pengembangan perpustakaan JDIH Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Rapat ini dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata selaku Plh. Kepala Kantor Wilayah yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan usulan konsep pengembangan perpustakan dalam jangka waktu ke depan. Konsep ini akan berupa usulan dan rencana yang akan diajukan kepada Kakanwil agar bisa meneruskan ke Eselon I Pusat terkait perpustakaan hybrid. “Sebagai staf, kita dapat memberikan usulan agar memberikan guidance dan memilah mana usulan yang dapat diterima dan mana yang perlu dipertimbangkan atau yang tidak bisa diusulkan. Dalam beberapa waktu ke depan kita akan pindah ke Banjarbaru, dan ini menjadi salah satu konsep pengembangan beberapa waktu mulai jangka waktu pendek, menengah maupun lama," ucapnya.

Kepala Bidang Hukum, Rustam Efendi menyebutkan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalsel ke depannya akan menerapkan konsep hybrid dimana perpustakaan Kanwil memiliki perpustakaan online dan perpustakaan konvensional. Perpustakaan JDIH ini memiliki informasi yang telah terintegrasi langsung secara nasional. Khusus yang di Kanwil Kalsel, dengan penilaian 2 tahun ini telah mendapatkan juara II Nasional kategori kelompok menengah. Tahun lalu juara 1 kelompok Kanwil Menengah.

Dari permasalahan yang dialami oleh perpustakaan Kanwil Kemenkumham Kalsel saat ini adalah seluruh pencatatan masih menerapkan konsep manual. Untuk ke depannya akan diterapkan solusi rencana jangka pendek melalui tahapan sebagai berikut : 1. Mempersiapkan sistem digital untuk manajemen perpustakaan; 2. Menyiapkan sarana dan prasarana penunjang perpustakaan hybrid seperti device scanner, PC, pencetak kartu keanggotaan; 3. Melakukan kolaborasi dengan semua bidang agar dapat mendapatkan feedback untuk perpustakaan; 4. Perlunya membuat publikasi perpustakaan di semua media.

Dalam rapat ini juga dibahas mengenai masukan terkait penganggaran dan beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam mengajukan proposal kegiatan, yang diarahkan oleh Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Erwin Widayat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plh. Kepala Kantor Wilayah, Teodorus Simarmata, Kepala Bidang Hukum, Rustam Efendi, Kepala Sub Bidang Luhbankum dan JDIH, M.Yazid B., Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Erwin Widayat, JFT Pustakawati, Farida Ariani, para JFU yang terdiri dari perwakilan Sub Bagian Program dan Humas, Sub Bidang AHU, dan JFU Perwakilan Divisi Keimigrasian. (Humas Kanwil Kalsel, teks: Yusika, foto :Jo’el, ed : Eko)

WhatsApp Image 2021 02 11 at 10.49.32

WhatsApp Image 2021 02 11 at 10.49.34

WhatsApp Image 2021 02 11 at 10.49.32

WhatsApp Image 2021 02 11 at 10.49.32

WhatsApp Image 2021 02 11 at 10.49.32

WhatsApp Image 2021 02 11 at 10.49.32

 


Cetak   E-mail