Kanwil Kemenkumham Kalsel Laksanakan Kegiatan Pra Rekon Semester II Tahun Anggaran 2020

WhatsApp Image 2021 01 25 at 18.09.12

Banjarmasin, Humas_info - Kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan pada Senin, (25/01/2021) bertempat di ruang Rapat Divisi Administrasi. Mekanisme kegiatan dilakukan melalui media virtual Aplikasi Zoom Meeting bersama dengan UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kalimantan Selatan.

Meskipun di tengah pandemi Covid-19 dan musibah banjir yang melanda sebagian wilayah Kalimantan Selatan, kegiatan Pra Rekon ini tetap dilaksanakan mengingat pentingnya pelaporan dengan memanfaatan media vritual diharapkan nantinya dapat menjamin kebenaran dan kesesuaian data, menyamakan data realisasi anggaran dalam rangka penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Edy M.S. Hidayat, Kepala Bagian Umum, Rakhmat Renaldy (virtual), Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, Eko Herdiyanto, serta para Operator SAIBA dan Operator SIMAK BMN Satker Pemasyarakatan dan Imigrasi yang mengikuti secara virtual.

Mengawali kegiatan, Kepala Divisi Administrasi, Edy M.S. Hidayat menyampaikan, "Merujuk pada Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara Pasal 9, Kementerian dan Lembaga wajib menyusun dan menyampaikan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Negara yang dipimpinnya, dalam hal ini peningkatan kualitas laporan keuangan harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik, akurat dan terperinci sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya sembari membuka kegiatan ini.

Bertepatan dengan musibah yang melanda sebagian wilayah Kalsel, terutama Satker-satker yang terdampak banjir agar segera makukan inventarisasi fasilitas dan perlengkapan kantor, baik itu berupa dokumen-dokumen penting maupun Barang Milik Negara yang dalam kondisi baik maupun yang rusak berat dan apabila terdapat BMN yang rusak berat, segera lakukan usul penghapusan mengingat semakin dekatnya waktu penyampaian laporan keuangan.

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, melalui kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Tingkat Wilayah Semester II Tahun Anggaran 2020 ini merupakan salah satu proses sebagai pendukung Opini WTP Kementerian Hukum dan HAM secara keseluruhan, kontribusi satuan kerja sangat berarti dalam pencapaian Opini WTP Kemenkumham dari BPK (yang sudah diperoleh selama 5 tahun berturut turut).

Kadiv Min juga menambahkan "kepada para operator, baik SAIBA maupun operator SIMAK BMN yang mengikuti kegiatan agar memperhatikan arahan dan bimbingan yang diberikan oleh para pendamping. Mudah-mudahan Kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan Semester II TA 2020 dapat berjalan dengan lancar dan sukses," tutupnya.

Kegiatan ini akan diselenggarakan selama dua hari yakni tangal 25 s.d 26 Januari 2021 dengan menghadirkan narasumber dari Biro Keuangan dan Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan Direktorat Jenderal Imigrasi yang akan mendampingi peserta selama kegiatan berlangsung. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks : Pendi, ed : Eko)

WhatsApp Image 2021 01 25 at 18.09.12

WhatsApp Image 2021 01 25 at 18.09.12

WhatsApp Image 2021 01 25 at 18.09.12

WhatsApp Image 2021 01 25 at 18.09.12

WhatsApp Image 2021 01 25 at 18.09.12


Cetak   E-mail