Kanwil Kalsel Laksanakan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional Tertentu

pls1

Banjarmasin, Humas_info - Rabu (08/01) Pagi, Dilaksanakan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional Tertentu di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan seiring dengan adanya mutase, baik yang sifatnya rotasi maupun promosi di lingkungan internal Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Acara ini dihadiri oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, yakni Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Subianta Mandala, Kepala Divisi Administrasi, Edy M.S. Hidayat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Alfi Zahrin, Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata, para kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian, pejabat Administrator dan pengawas, para JFU/JFT pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan dan para undangan.

Dalam kegiatan ini, Kakanwil melantik sebanyak 75 pejabat terdiri Pejabat Administrasi yang terdiri dari pejabat Eselon III, IV dan V pada Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis serta 2 orang Pejabat Fungsional Tertentu Perancang Peraturan Perundang-undangan. Pelantikan ini menjadi awal tanggung jawab baru bagi pejabat yang dilantik dalam mengeban tugas selama menjalani jabatan yang baru pada Kantor Wilayah maupun UPT. DIantara pejabat yang dialntik antara lain : Mawardi Amin, sebagai Kepala Bagian Program & Humas Kanwil Kalsel, Sugito, sebagai Kalapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan. Dilantik pula Imam Setya Gunawan, sebagai Kalapas Kelas IIA Banjarmasin juga Anton Helistiawan, sebagai Kakanim Kelas I TPI Banjarmasin.

Mutasi dan promosi dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi, yang terdiri dari kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural. Kompetensi sosial kultural bisa diperkaya dengan mutasi, promosi jabatan ke berbagai wilayah sehingga para pejabat dapat lebih memahami kondisi dan mampu merumuskan solusinya. Era refomasi telah membawa kita menjadi sedemikian kritis dan terbuka. Menghadapi semua itu seorang pemimpin harus mampu membawa perubahan di lingkungan tempat bertugas masing-masing.

Dalam amanat yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib menyampaikan, “para pejabat ini diharapkan memiliki tanggung jawab dan integritas dan menjadi role model bagi bawahannya, sehingga dapat memberikan inspirasi ke depannya. Terlebih di tahun ini akan ada penerimaan CPNS baru, yang memungkinkan adanya penambahan pegawai”, tukasnya.

Pengembangan karier ASN dalam pengangkatan jabatan struktural dan Fungsional Tertentu bukanlah sebuah proses yang mudah dan sederhana bagi pejabat pembina kepegawaian yang berwenang dalam hal ini. Diperlukan banyak pertimbangan agar dapat memperoleh pejabat yang tepat untuk menduduki sebuah jabatan struktural (right man on the right position). Hal ini penting dan perlu dilakukan, karena menyangkut proses pengambilan keputusan yang tepat sehingga dapat meningkatkan kinerja aparatur sipil negara.

Salah satu program yang diwujudkan Kementerian Hukum dan HAM pada tahun ini yaitu integritas melalui Aparatur Sipil Negara (ASN) Corporate University (Corpu), dengan menerapkan metode pengembangan kompetensi yang berperan sebagai sarana strategis untuk mendukung Kementerian Hukum dan HAM dalam mencapai misinya dengan menyelenggarakan kegiatan yang mendorong pengembangan pengetahuan, kearifan serta pembelajaran individu dan organisasi.

Oleh karenanya pembangunan Kemenkumham Corpu adalah satu tindakan konkrit Kementerian Hukum dan HAM, juga Kantor Wilayah Kalimantan Selatan untuk membangun SDM yang unggul, up to date, based on information technology, dan mampu menjawab isu-isu strategis. (Humas Kanwil Kalsel)

pls7pls7pls7pls7pls7pls7


Cetak   E-mail