Simak Melalui Teleconference Kadiv Pas Kalsel Ikuti Pengarahan Dirjen Pemasyarakatan Tentang Penguatan Tusi Pemasyarakatan Serta Prioritas Kegiatan TA 2020

WhatsApp Image 2019 12 05 at 11.33.24 AM

Banjarmasin, Humas_info - Dalam rangka memastikan pencapaian pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan di wilayah sesuai dengan rencana aksi tahun 2019 serta prioritas kegiatan dan anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melaksanakan penguatan pada seluruh jajaran Pemasyarakatan (Kepala Divisi dan UPT Pemasyarakatan). Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala UPT Pemasyarakatan dan didampingi oleh Bendahara untuk mengikuti juga mengikuti kegiatan penguatan yang dilaksanakan pada Kamis, (5/12).

Khusus di kantor wilayah, kegiatan ini Kepala Divisi Pemasyarakatan, Alfi Zahrin, Kepala Sub Bidang Pembinaan, Bimbingan Pas dan Pengentasan Anak, Purwantoro, Kepala Sub Bidang Perawatan Narapidana/Tahanan, Pengelolaan Basan dan Baran, Sakerani, dan Kepala Sub Bidang PELTAHKESHAB, Ramli.

Kegiatan dibuka dengan arahan dari Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami yang memaparkan VISI "Menjadi Penyelenggara Pemasyarakatan yang Profesional dalam Penegakan Hukum dan Perlindungan HAM" .

“Visi didasarkan pada pemahaman bahwa setiap aktifitas yang dilakukan dalam kerangka mengembalikan Warga Binaan Pemasyarakatan menjadi individu yang bertakwa kepada Tuhan YME, mampu berinteraksi secara sehat dalam pergaulan masyarakat, dan mempunyai kemampuan untuk mencapai standar hidup yang baik. Inilah nafas pemasyarakatan yaitu memulihkan hubungan hidup, kehidupan, dan penghidupan warga binaan pemasyarakatan. Pemulihan hubungan hidup, kehidupan, dan penghidupan tersebut dapat diwujudkan apabila Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mampu menjadi institusi yang akuntabel, transparan, dan profesional, serta didukung oleh petugas yang memiliki komptensi tinggi", ujarnya dalam sambutan.

Pembahasan “Anggaran Berbasis Kinerja” berdasarkan UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara menjadi point selanjutnya dimana, berdasarkan dari data pemasyarakatan sampai Desember 2019 jumlah warga binaan sudah mencapai 267.912 dengan kondisi Lapas yang hanya menampung 130.445 sehingga persentasi over mencapai 105%. Berangkat dari hal ini maka perlu dilakukan langkah strategis dan mendahulukan skala prioritas yang akan dilakukan melalui Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Prioritas Tahun 2020 untuk rehabilitasi dan layanan kesehatan (rehab medis, rehab sosial, dan layanan kesehatan), serta pembinaan kemandirian bagi warga binaan dengan output narapidana terampil bersertifikat dan langsung berdampak (dapat diimplementasikan). (Humas Kanwil Kalsel)

WhatsApp Image 2019 12 05 at 11.33.24 AMWhatsApp Image 2019 12 05 at 11.33.24 AM

WhatsApp Image 2019 12 05 at 11.33.24 AM


Cetak   E-mail