Kemenkumham Kalsel dan ULM Siap Matangkan Sentra KI: Langkah Awal untuk Kekayaan Intelektual Kalsel

1

Banjarmasin, KI_info - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan serangkaian pertemuan guna mematangkan pembentukan Sentra Layanan Kecerdasan Buatan (KI) pada Universitas Lambung Mangkurat (ULM), pada Selasa (02/04/2024).

2

Pertemuan tersebut menjadi langkah strategis dalam memperkuat kerjasama antara lembaga pendidikan dan pemerintah dalam mengembangkan kekayaan intelektual di wilayah Kalimantan Selatan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Wilayah, beberapa topik utama dibahas secara rinci terkait dengan pendirian Sentra Layanan HKI di ULM.

Delegasi ULM, yang dipimpin oleh perwakilan pimpinan universitas serta tim ahli KI, Dr. Lailan Ni'mah, S.T., M.Eng. (Ketua Hilirisasi dan Sentra KI ULM), Dr. Novitasari, S.T., M.T. (Tim Sentra KI ULM), dan Ulfa Fitriati, S.T., M.Eng. (Tim Sentra KI ULM), turut hadir untuk menyampaikan visi dan rencana strategis mereka untuk pengembangan Sentra Layanan HKI di kampus.

Dalam diskusi tersebut, Kanwil Kemenkumham Kalsel diwakili oleh Eka Shanty Maulina, selaku Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif ULM untuk memperkuat infrastruktur pendidikan tinggi di bidang kekayaan intelektual. Ia juga memberikan masukan dan saran yang berharga terkait regulasi, kerangka kerja hukum, dan prosedur administratif yang perlu dipertimbangkan dalam pendirian Sentra Layanan HKI.

Kedua belah pihak juga membahas rencana kerjasama yang lebih lanjut untuk pemajuan layanan HKI pada ULM. Rencana tersebut mencakup berbagai bentuk kolaborasi, termasuk penelitian bersama, pelatihan dan workshop, serta pengembangan proyek-proyek inovatif yang melibatkan mahasiswa dan staf akademik.

"Dukungan dari pemerintah sangat penting dalam memperkuat infrastruktur pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk dalam bidang kekayaan intelektual," kata salah satu perwakilan Tim Sentra HKI ULM.

"Kami sangat mengapresiasi kesediaan Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk berkolaborasi dengan kami dalam memajukan layanan Sentra Layanan HKI ini," tambahnya.

Pertemuan ini menandai langkah awal dari serangkaian kerjasama yang akan dilakukan antara ULM dan Kanwil Kemenkumham Kalsel dalam upaya mendukung pengembangan kekayaan intelektual di wilayah Kalsel. (Kontributor KI, ed: Eko/Arie)

 

77777


Cetak   E-mail