Safari Ramadan 1445H: Kanwil Kemenkumham Kalsel Meriahkan Perayaan HBP ke-60 di Lapas Narkotika Karang Intan

1

Karang Intan, PAS_Info – Dalam rangka semarak Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan kembali menggelar agenda Safari Ramadhan 1445 Hijriah dan kali ini bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, pada Sabtu (30/03/2024).

Mewakili Kepala Kantor Wilayah, Taufiqurrakhman, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Said Mahdar, dan rombongan disambut hangat Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, beserta jajaran.

Said Mahdar, memberikan sambutan di hadapan seluruh jamaah yang penuhi aula Masjid At-Taubah Lapas Narkotika Karang Intan.

“Ramadhan merupakan bulan dengan berlimpah kebaikan di dalamnya, berbagai fadilat bisa diraih termasuk dengan memperbanyak membaca Al-Quran, karena Al-Quran bisa mencegah seseorang jatuh ke dalam neraka. Al-Quran juga mampu memberi syafaat pada hari kiamat nanti untuk siapa saja yang membacanya," ungkapnya.

2

Kemudian jamaah menyimak tausiah keagamaan yang disampaikan Ustadz Reza Ramadhani Taufiqurrahman mengenai keutamaan bulan Ramadhan, di mana kita diminta senantiasa untuk menjaga lisan dan beramal dengan lisan untuk kemuliaan di akhirat kelak.

“Kita berada di sepertiga akhir bulan Ramadhan, dan hal tersebut merupakan karunia dari Allah yang patut kita syukuri. Berkah ramadan salah satunya menjaga lisan, karena lisan bisa menjadi sesuatu yang memberatkan di akhirat kelak, dan harus banyak-banyak lisan mengucap sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, selain itu surga merindukan orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan,” ucapnya.

Kegiatan tausyiah ditutup dengan doa dan berbuka puasa, disambung melaksanakan salat magrib berjamaah. Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, dalam keterangannya mengungkapkan, jajarannya menyambut baik agenda Safari Ramadhan dari Kantor Wilayah pada satuan kerja UPT. Hal tersebut untuk semakin mengeratkan silaturahmi dan rasa persaudaraan sebagai insan Pemasyarakatan, terlebih agenda tersebut untuk menyemarakkan HBP ke-60.

“Momentum untuk kita semakin mempererat tali silaturahmi sebagai insan Pemasyarakatan, terlebih saat ini kita melaksanakan rangkaian HBP ke-60 di bulan Ramadhan. Selain itu, karena di dalam agendanya ada tausiah keagamaan tentu bagian dari upaya untuk menjaga dan meningkatkan keimanan warga binaan dan petugas Lapas Narkotika Karang Intan,” pungkasnya singkat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Divisi Administrasi, Chandra Friandi Achmad, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat, Hendy Emil, Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan dan Teknologi Informasi, Sugito, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kesehatan Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Ahmad Tohari, Kepala Lapas Perempuan Martapura, Lilis Yuaningsih, Kepala Lapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, Kepala Rupbasan Banjarmasin, Heddry Yadi, dan Kepala Rutan Rantau, Andi Hasyim. (Kontributor LPN Karang Intan: Yosfi/Arbi, ed: Eko/Arie)

 

1010101010101010


Cetak   E-mail