Kemenkumham Kalsel Gelar Pelaksanaan Terhadap Monitoring dan Evaluasi Laporan Keuangan Tahun 2023

1Banjarmasin, Humas_Info - Setelah rampung melaksanakan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2023, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan bersama Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham menggelar pelaksanaan monitoring dan evaluasi Laporan Keuangan Tahun 2023, pada Kamis (21/03/2024).

2

Bertempat di Balai Pertemuan Garuda Kantor Wilayah, kegiatan ini diikuti langsung oleh Unit Pelaksana Teknis Se-Banjar Raya dan secara daring UPT luar Banjar Raya di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan ini, Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham membahas tentang Evaluasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2023 yang disampaikan oleh Anna Ernita selaku Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan, Eni Fitriah selaku Analis Pengelolaan Keuangan APBN Muda, Magdalena selaku JFU Penata Keuangan.

Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan, Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Anna Ernita memberikan arahan terkait pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap hasil Laporan Keuangan Tahun 2023.

Ia menjelaskan bahwa Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memiliki banyak satuan kerja di seluruh Indonesia sehingga kita perlu menyederhanakan laporan keuangan satu kementerian dalam satu buku laporan yang mudah dipahami.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Eni Fitriah selaku Analis Pengelolaan Keuangan APBN Muda Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Ia menjelaskan tentang Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan di antaranya: 1. Dapat dibandingkan, Laporan keuangan harus dapat dibandingkan antar periode untuk identifikasi trend posisi dan kinerja keuangan, 2. Dapat dipahami, Informasi mudah dan dapat dipahami pemakainya, 3. Relevan, berguna untuk evaluasi masa lalu, masa kini atau prediksi posisi keuangan dan kinerja masa depan, 4. Andal, informasi tidak menyesatkan, bebas kesalahan material dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pemaparan dilanjutkan dengan konfirmasi data keuangan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kemenkumham Kalsel sebagai sampling dalam Laporan Keuangan di Kantor Wilayah. (Humas Kemenkumham Kalsel, teks/foto: Arie, ed: Eko)

1010101010101010


Cetak   E-mail