Safari Ramadhan 1445 H : Kemenkumham Kalsel Hadirkan Pembinaan Spiritual di Balik Jeruji Besi

1Banjarbaru, PAS_Info - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui Divisi Pemasyarakatan menggelar Safari Ramadhan ke Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Selasa (19/03/2024).

Kegiatan ini dalam rangka pembinaan tugas pokok dan fungsi serta peningkatan iman dan takwa sebagai wujud dari pembinaan kerohanian warga binaan, khususnya di bulan Ramadhan, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Said Mahdar bersama jajaran berbaur berbagi kebaikan bersama warga binaan Lapas Banjarbaru.

2

Kunjungan ini merupakan upaya untuk membangun hubungan emosional dengan warga binaan selama bulan yang penuh berkah ini. Kadivpas menyampaikan pesan untuk sama-sama memperbaiki diri kepada mereka yang berada di dalam Lapas.

3

“Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan di mana pintu-pintu pengampunan terbuka lebar, pengampunan dari Allah begitu melimpah di bulan ini atas dosa-dosa yang telah dibuat di masa lalu, ini menjadi momen yang tepat untuk menggali pahala dengan memberikan ibadah terbaik," ungkap Kadivpas.

Kegiatan yang digelar dengan tausyiah agama menghadirkan Ustadz Mufti Ramadhan, Lc. dari Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru. Para warga binaan duduk dengan khidmat menyimak setiap pesan yang disampaikan oleh ustadz. Dalam tausyiahnya memaparkan makna puasa sebagai sebuah modal bagi hamba Allah untuk bertakwa.

“Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, namun lebih dari itu puasa adalah pembelajaran untuk mengendalikan hati dan pikiran. Serta sebagai konsep untuk menahan kita agar dapat mengendalikan hawa nafsu,” ungkap beliau.

Selain itu, ustadz juga mengajak para warga binaan untuk merenungi kebaikan-kebaikan lain yang terdapat dalam puasa. "Puasa adalah saat yang tepat untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah terlanjur dilakukan. Ini adalah momen untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah dan sesama manusia," lanjutnya.

Kegiatan Safari Ramadhan di dalam Lapas ini menjadi momentum yang bagi para warga binaan untuk memperdalam pemahaman agama, meningkatkan keimanan, dan memperbaiki diri didalam Lapas. Diharapkan warga binaan dapat mendapatkan keberkahan dalam menjalani sisa masa hukuman mereka.

Nantinya agenda serupa yang digelar kantor wilayah, juga akan dilangsungkan di beberapa UPT Lapas Rutan Kalimantan Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kesehatan Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Ahmad Tohari, Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan dan Teknologi Informasi, Sugito, Kepala LPKA Martapura, Rudi Sarjono, Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, dan Kepala Bapas Banjarmasin, Pudjiono Gunawan. (Kontributor PAS: Ridho, ed: Eko/Arie)

999999


Cetak   E-mail