Inspektorat Jenderal Tutup Workshop SAKIP: Fokus pada Peningkatan Kinerja Instansi Pemerintah

1Jakarta, Prolap_Info - Workshop dan Pra Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah sukses dilaksanakan. Kegiatan ini ditutup pada hari Jumat, 08/03/2024, di Ballroom Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Dalam upaya perbaikan dan optimalisasi capaian nilai SAKIP di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia TA 2024, Inspektorat Jenderal mengadakan workshop dan Pra Evaluasi SAKIP pada Unit Eselon 1 dan Wilayah. Evaluasi menyeluruh terhadap Kantor Wilayah menghasilkan beberapa catatan yang perlu diperbaiki, seperti keterlambatan penyampaian Dokumen Laporan Kinerja selama 5 tahun terakhir, ketidakselarasan antara kondisi dan hasil yang akan dicapai di setiap level jabatan, serta kekurangan dalam memberikan pemahaman terhadap perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, dan pelaporan kinerja.

Penutupan kegiatan ini mencakup penandatanganan hasil pra evaluasi oleh Kepala Divisi Administrasi masing-masing kantor wilayah.

Plt. Sekretaris Inspektorat Jenderal memberikan sambutan dan pengarahan, menekankan bahwa SAKIP merupakan penyangga utama dari capaian Reformasi Birokrasi, membutuhkan upaya maksimal dari semua pihak di Kemenkumham. Wilayah diharapkan dapat memainkan peran penting dalam menunjang peningkatan nilai SAKIP melalui verifikator, yang diharapkan semakin tajam dalam melaksanakan evaluasi satker.

Hadir mewakili Kanwil Kemenkumham Kalsel dalam kegiatan penutupan ini adalah Plt. Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah, Junita Sitorus, Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil, Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Ahmad Zubaidi, serta pelaksana pada Sub Bagian Program dan Pelaporan.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi momentum penutupan workshop, namun juga langkah awal untuk memastikan keseluruhan satker dapat menyumbangkan nilai baik saat evaluasi mendatang. (Humas Kemenkumham Kalsel, teks/foto: Subbag PP, ed: Eko/Arie)

66666


Cetak   E-mail