Kakanwil Kemenkumham Kalsel Sambut Baik Audiensi dari Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat untuk Perjanjian Kerjasama

 
1Banjarmasin, Humas_Info - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Faisol Ali bersama dengan Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Ramlan Harun menerima audiensi yang dipimpin oleh tim Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, pada Senin, (04/032024), di Ruang Rapat Kakanwil Kemenkumham Kalsel. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin sinergi dan memulai tahap awal perjanjian kerjasama antara kedua institusi.

Dalam audiensi ini, Tim Pusat HAM Universitas Lambung Mangkurat mempresentasikan program hibah dari Uni Eropa bernama BASIS (Building an Enabling Environment & Strong Civil Society in Indonesia). Program ini fokus pada penguatan masyarakat sipil dan pengarusutamaan Hak Asasi Manusia selama 4 tahun. Faisol Ali menyambut inisiatif ini dan menyatakan dukungan penuh dari Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel.

2

Kakanwil juga menyoroti potensi kerja sama antara kedua belah pihak dalam melaksanakan program BASIS. Program-program seperti Pelayanan AHU dan KI, Pelaksanaan KKPHAM, serta Pelaksanaan OPINI menjadi poin-poin potensial yang dapat dikerjasamakan dalam mendukung program ini.

Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat melaui Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusat HAM) mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Selatan untuk mensukseskan kegiatan yang melibatkan Dubes Uni Eropa pada tahun 2025.

Pusat HAM di Fakultas Hukum ULM memiliki tugas mulia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis Hak Asasi Manusia, mendiseminasikan isu-isu Hak Asasi Manusia, khususnya di lingkup daerah lahan basah, dan mensosialisasikan tanggung jawab negara dan Hak Asasi Manusia kepada warga negara.

Kakanwil menyambut baik kedatangan audiensi dari Fakultas Hukum ULM dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam mengimplementasikan program-program tersebut. Kadivyankum menambahkan bahwa hasil dari audiensi ini adalah draft Perjanjian Kerja Sama yang dapat disepakati oleh kedua belah pihak.

Pertemuan ini dihadiri oleh tokoh penting, termasuk Kepala Pusat HAM ULM, Prof. Mirza Satria Buana, Ph.D, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sekretaris Pusat HAM, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Kepala P3KUMHAM, serta jajaran Pusat HAM Universitas Lambung. Semua pihak sepakat untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi demi mencapai tujuan bersama dalam memajukan Hak Asasi Manusia dan masyarakat sipil di Kalimantan Selatan. (Humas Kemenkumham Kalsel, teks/foto: Arie, ed: Eko)

888888


Cetak   E-mail