Lancarkan Pelaksanaan Rencana Aksi Tahun 2024, Kemenkumham Kalsel Kunjungi Sentra Cabai Hiyung Tapin

1

Rantau, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan berkunjung ke Kabupaten Tapin, Rabu (28/02). Kegiatan dalam rangka pelaksanaan Rencana Aksi Tahun 2024 melalui penguatan kelembagaan MPIG Cabai Hiyung Tapin dimana Cabai Hiyung merupakan satu-satunya produk Indikasi Geografis di Kalimantan Selatan.

Sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Faisol Ali, bahwa pada kegiatan ini tim Kantor Wilayah yang disambut langsung oleh Ketua MPIG Cabai Hiyung Tapin, Junaidi selanjunya Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Riswandi menyampaikan bahwa sebagaimana yang diketahui Cabai Hiyung merupakan satu-satunya produk Indikasi Geografis di Kalimantan Selatan.

“Sebagai bagian dalam upaya menjaga standar kualitas dan kuantitas produk ini, maka ke depan akan dibentuk Tim Pengawasan Indikasi Geografis. Tim ini nantinya akan menjadi bagian dalam penguatan kelembagaan MPIG Cabai Hiyung Tapin, yang pada tahun 2024 ini menjadi salah satu bagian Rencana Aksi yang wajib dipenuhi Kantor Wilayah,” jelas Riswandi. Ketua MPIG Cabai Hiyung Tapin menyampaikan terima kasih atas kepedulian Kemenkumham Kalsel dalam memajukan produk Cabai Hiyung ini. “Semenjak terdaftar IG, permintaan Cabai Hiyung meningkat gratis dan saat ini dijadikan bahan baku makanan perusahaan nasional. Tentunya menjadi kewajiban bagi MPIG untuk terus menjamin kualitas dari produk Cabai Hiyung ini. MPIG juga perlu dorongan dari Kemenkumham dan Pemerintah Daerah untuk terus mempromosikan produk ini baik pada tingkat lokal maupun nasional, karena dengan meningkatnya permintaan tentunya juga akan meningkatkan perekonomian para petani Cabai Hiyung," ucap Junaidi.

Pada kesempatan ini Tim Layanan KI menyampaikan kiat-kiat dan sejumlah program yang harus dilaksanakan oleh MPIG Cabai Hiyung guna menjaga kualitas produk sampai pada peningkatan pemasaran dan unit usaha Cabai Hiyung itu sendiri. Disampaikan pula nantinya, sebagai bentuk apresiasi, apabila terdapat agenda nasional yang menghadirkan pameran produk daerah, Kanwil Kemenkumham Kalsel akan membawa produk Cabai Hiyung untuk dipromosikan di Jakarta. (Humas Kanwil Kalsel, Iwan)

 

2222222


Cetak   E-mail